PEMBUATAN JAM WORTEL (Daucus carrota) DENGAN PERBANDINGAN JUMLAH GULA DAN PEKTIN

RACHMAN SAMSUDIN

Abstract


Abstrak


Jam adalah suatu produk pangan yang memiliki karakteristik setengah padat terbuat dari 45 bagian berat bubur buah dan 55 bagian berat gula kemudian dipekatkan dengan melalui proses pemanasan.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penambahan gula, mengetahui pengaruh penambahan pektin dan mengetahui pengaruh interaksi antara jumlah gula dan jumlah pektin.


 


Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi melalui uji organoleptik yang dilakukan oleh 40 panelis. Variabel bebas :1) jumlah gula yang digunakan sebanyak 90%, 100%, 110% dan jumlah pektin sebanyak 1%, 2%, 3% dari jumlah berat wortel 2) jumlah pektin yang ada dibuat sebanyak tiga tingkat yaitu 1%, 2%, dan 3%. variabel terikat: hasil jadi jam wortel, yaitu rasa manis, aroma tidak langu, tekstur halus dan mudah dioleskan secara merata, kekentalan cukup, disukai. Data hasil uji organoleptik dianalisis dengan anava ganda menggunakan program SPSS 17 dan uji lanjut Duncan.


 


Hasil penelitian menunjukan:1) jumlah pektin berpengaruh terhadap rasa, aroma, kekentalan dan kesukaan jam wortel 2) jumlah gula berpengaruh pada kekentalan dan kesukaan 3) interaksi jumlah gula dan jumlah pektin berpengaruh terhadap aroma 4) hasil jam wortel terbaik diperoleh dari jumlah gula 90% dan jumlah pektin 2% dari jumlah berat wortel. Produk terbaik memiliki nilai gizi yaitu: β-karoten 98,6 mg/100g atau setara dengan 164333 SI/100g, gula total 36,52% dan serat 6,88%


 


Kata Kunci: jam wortel, jumlah gula dan jumlah pektin.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.