MANAJEMEN PRODUKSI USAHA WINGKO KHAS KOTA BABAT DI KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN (STUDI DI PABRIK WINGKO LOE LAN ING BABAT

EFIA ANIMATUS S

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan fungsi dan unsur manajemen produksi usaha wingko aneka rasa di pabrik Loe Lan Ing Babat. Penerapan fungsi yang dilihat dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan, sedangkan unsur yang diterapkan diantaranya  manusia, uang, bahan, peralatan, teknik, dan pasar. Penerapan fungsi dan unsur akan mempengaruhi proses produksi wingko mulai tahap persiapan, pengolahan, pengemasan hingga penjualan.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan meliputi metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mempelajari materi yang akan ditanya kemudian di paparkan dan selanjutnya akan ditarik kesimpulan. Analisis data dari dampak manajemen produksi sangat berpengaruh terhadap hasil produksi wingko.


Pabrik Wingko Babat di Loe Lan Ing ini merupakan pabrik wingko yang tertua di Kota Babat, yang masih menggunakan proses tradisional. Fungsi dan unsur manajemen produksi usaha wingko beberapa sudah diterapkan. Penerapan fungsi dan unsur manajemen produksi wingko meliputi proses perencanaan menyusun anggaran produksi, penyusunan standar bahan dan peralatan. Pengorganisasian tenaga kerja meliputi pembagian jam kerja, susunan organisasi dapur. Pengorganisasian bahan dan peralatan didalam pabrik Loe Lan Ing Babat tidak memiliki pembagian teknik penyimpanan bahan dan peralatan. Penggerakan dalam pengelolaan ini meliputi tindakan memimpin dan mengkomunikasikan tujuan, untuk tindakan pengawasan meliputi seluruh aspek perencanaan. Dampak penerapan fungsi dan unsur manajemen produksi terlihat dengan tingkat penjualan wingko yang meningkat.


Simpulan penelitian ini di pabrik wingko Loe Lan Ing sudah melakukan perencanaan dalam setiap proses produksi, pengawasan proses produksi dipegang langsung pemilik usaha wingko Loe Lan Ing ini yaitu Bapak Supriyadi Gondokusumo. Pengendalian dan pengorganisasian sudah dilakukan secara langsung oleh karyawan Loe Lan Ing setiap hari pada saat proses produksi wingko Loe Lan Ing.


 


Kata Kunci : Produksi,  Fungsi dan unsur manajemen, Pabrik wingko Loe Lan Ing Babat


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.