PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) PADA KOMPETENSI DASAR METODE DASAR MEMASAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 3 BLITAR

RIZKI WIDIATNO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan media pembelajaran multimedia interaktif pada kompetensi dasar metode dasar memasak untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kompetensi metode dasar memasak proses belajar mengajar masih menggunakan metode konvensional dan tidak ada metode demontrasi sehingga siswa kurang memahami. Penerapan media pembelajaran multimedia interaktif bertujuan agar siswa dapat lebih memahami dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran berbantuan komputer  multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE di kembangkan oleh Dick and Carry (1996). Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu ; (1) Analysis (analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (penerapan), dan (5) Evaluations (evaluasi).


Berdasarkan analisis data hasil belajar di atas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata hasil belajat siswa sebesar 30,59 % dari skor rata-rat pre-test 53,38 % menjadi 83,97 % pada saat post-test. Selanjutnya perolehan skor rata-rata N-Gain sebesar 46,62 % yang berarti terdapat kenaikan hasil belajar dalam kategori sedang.


 


Kata Kunci : multimedia interaktif, hasil belajar, metode dasar memasak


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.