HUBUNGAN ASUPAN MAKANAN DENGAN STATUS GIZI DAN PERILAKU ADAPTIF ANAK AUTIS DI PAUD ABK MUTIARA KASIH TRENGGALEK

NINA YUSNITA

Abstract


Autis merupakan gangguan perkembangan pervasive yang ditandai dengan ketidakmampuan penyandang dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan secara emosional dengan orang lain sehingga muncul gangguan dalam interaksi sosial, komunikasi, pola kesukaan, dan sikap yang tidak normal. Anak autis dengan keterbatasannya harus diupayakan untuk tetap dapat tumbuh dan berkembang seoptimal mungkin sesuai umurnya serta dapat menjadi manusia yang berguna melalui pemenuhan gizi. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui hubungan antara asupan makan dengan status gizi dan perilaku adaptif anak autis di PAUD ABK Mutiara Kasih Trenggalek.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak autis. Variabel independen; asupan makanan, variabel dependen, status gizi dan perilaku adaptif. Hasil dalam penelitian ini di analisis menggunakan dengan uji korelasi product moment .


Dari hasil uji statistik terdapat hubungan yang bermakna antara asupan makan dengan status gizi dengan nilai p<0,05 (p=0,047; α=0,005), tetapi tidak ada hubungan yang bermakna antara asupan makanan dengan perilaku adaptif anak dengan nilai p>0,05 (p=0,093; α=0,005). Setelah dilakukan uji regresi berganda untuk mengetahui hubungan asupan makanan dengan status gizi dan perilaku adaptif yaitu nilai bermakna p>0,05 (p=0,261; α=0,005), maka terdapat hubungan yang tidak signifikan antara asupan makanan dengan status gizi dan perilaku adaptif.


Simpulan penelitian ini bahwa asupan makanan memiliki hubungan yang bermakna dengan status gizi anak autis di PAUD ABK Mutiara kasih, Trenggalek. Asupan makanan tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku adaptif anak autis di PAUD ABK MUtiara kasih, Trenggalek. Secara bersama-sama asupan makanan tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan status gizi dan perilaku adaptif anak autis di PAUD ABK MUtiara kasih, Trenggalek.


                Kata Kunci: Anak Autis, Asupan makanan, Status gizi, Perilaku adaptif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.