DETERMINAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI KURANG PADA BALITA DI DESA BRANTA PESISIR DAN DESA TLANAKAN KECAMATAN TLANAKANKABUPATEN PAMEKASAN

DINA AINUN BESARI

Abstract


Gizi merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan tingkat kesejahteraan dan kesehatan manusia. Kebutuhan manusia akan zat gizi dapat dipenuhi dengan pengkonsumsian bahan makanan yang tepat. Salah satunya kebutuhan zat gizi pada Balita yang harus diperhatikan agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya dapat tumbuh dengan optimal. Kekurangan zat gizi pada Balita dapat menghambat pertumbuhannya, dan permasalahan gizi yang sering terjadi pada Balita yaitu Gizi kurang (KEP sedang). Upaya penanggulangan masalah gizi kurang pada Balita berkaitan dengan asupan makanan yang mengandung zat gizi baik. Gizi kurang (KEP sedang) terjadi karena beberapa faktor yaitu dari faktor orang tua, faktor lingkungan dan faktor asupan makanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya status gizi kurang pada Balita.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, tempat penelitian di Desa Branta Pesisir dan Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan food recall selama 2x24 jam untuk asupan makanan, angket untuk test pengetahuan orang tua, test praktek pengasuhan anak dan faktor lingkungan, frekuensi makanan untuk ketersediaan pangan, dan lembar data responden dan observasi pada Balita. Subyek penelitian ini adalah Balita gizi kurang di Desa Branta Pesisir dan Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 41 Balita. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS.
Hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh antara praktek pengasuhan anak dan asupan makanan (kontribusi protein) dengan tingkat signifikansi<5% ( 0,000). Sedangkan pengaruh yang tidak signifikan dari faktor yang mempengaruhi status gizi kurang pada Balita yang dinyatakan dengan angka>0,05 yang berarti pengetahuan ibu, kontribusi energi, ketersediaan pangan dan faktor lingkungan tidak berpengaruh terhadap status gizi kurang pada Balita di Desa Branta Pesisir dan Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan.


Kata Kunci : Praktek Pengasuhan Anak, Asupan Makanan (Kontribusi Energi dan Protein), Pengetahuan Ibu, Ketersediaan Pangan dan Faktor Lingkungan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.