Garage Sale Sebagai Salah Satu Peluang Berwirausaha Bagi Mahasiswa

ANIS KHOIRUNNISA'

Abstract


Abstrak Garage Sale pada esensinya adalah menjual barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi dalam keadaan yang masih cukup baik. sesuai dengan berjalannya waktu usaha garage sale ini semakin berkembang dikalangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui usaha garage sale dapat dijadikan sebagai peluang berwirausaha bagi mahasiswa, untuk mengetahui cara mahasiswa menjalankan strategi usaha garage sale, dan faktor-faktor yang mendukung mahasiswa memilih usaha garage sale dalam berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan usaha garage sale sebagai peluang berwirausaha bagi mahasiswa dengan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi yaitu pengecekan kesahihan data dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda dan menggunakan skala Guttman untuk menganalisis faktor pendukung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut Garage Sale dapat dijadikan sebagai peluang berwirausaha bagi mahasiswa karena memiliki beberapa keuntungan yang menarik bagi mahasiswa salah satunya yaitu keunikan penataan store secara unik dan kreatif, strategi dalam menjalankan usaha garage sale bagi mahasiswa melalui analisis SWOT dan studi kelayakan usaha garage sale, dan Faktor-faktor yang mendukung Mahasiswa memilih Usaha Garage Sale yaitu faktor Internal yang meliputi faktor intelegensi, motivasi, cita-cita-cita, bakat, sikap, personal, dan kreativitas. untuk faktor eksternal meliputi faktor peran, aktivitas, pesaing, modal dan peluang. Kata Kunci : Garage sale, peluang usaha, mahasiswa. Abstract Garage sale is essentially selling goods secondhand that are not used, but in a state that is still good quality. in accordance with the passage of time garage sale business is growing among students so that these efforts can be used as opportunities for entrepreneurship for students. The purpose of this research are to find out that garage sale may be an oppurtunity for university student entrepreneurship, to find out how students execute business strategy garage sale, and the factors that support the students choose a business garage sale in entrepreneurship. This research uses qualitative methods with data collection techniques which are interview, observation, and documentation. Data analysis uses triangulation is checking the validity of the data by checking the data to the same source with different techniques and using Guttman scale to analyze the contributing factors. Based on the results obtained the following data Garage Sale can be used as opportunities for entrepreneurship for students because it has several advantages that appeal to students one of which is the unique arrangement of store is unique and creative , strategy of operating a garage sale to students through SWOT analysis and feasibility study garage sale , and the factors that support student chose Enterprises Garage Sale: factors Internal factors include intelligence , motivation , ideals - ideals , talent , attitude , personal , and creativity . External factors include the factors roles , activities , competitors , capital and opportunities. Keywords: Garage Sale, entepreneur opportunity, university student


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.