Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Pembuatan Pola Rok Hip Yoke Circular Teknik Draping di Kelas XI Busana Butik SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo

risqi febriani

Abstract


Abstrak


 


Penerapan model pembelajaran langsung dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap selangkah demi selangkah, pada materi pembuatan pola rok hip yoke circular teknik draping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi pembuatan pola rok hip yoke circular teknik draping dengan pendekatan saintifik kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 1 Jabon, Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, dan metode tes. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas XI Busana Butik tahun akademik 2015/2016 sejumlah 34 siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian dan eksperimen yang tidak murni (pre experiental design ) yaitu one shoot case study. Analisis data menggunakan analisis data deskriptip kuantitatif dengan persentase.               Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru pada pertemuan I terlaksana dengan persentase 89,4%, pada pertemuan II terlaksana dengan persentase 98,1%, Aktivitas siswa pada pertemuan I persentase nilai yang diperoleh sebesar 90% dengan kategori nilai “sangat baik” pada pertemuan II persentase nilai yang dipeoleh sebesar 97% dengan kategori nilai “sangat baik”. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pertemuan I dengan ranah kognitif sebesar 88% dan pada pertemuan II dengan ranah psikomotor sebesar 100%.


 


Kata kunci: Model pembelajaran langsung, aktivitas dan hasil belajar pembuatan pola rok hip yoke circular teknik draping.


 


 


Abstract


 


The application of direct instruction is made spesially for kicking learning process of student which is connect to procedural and declarative knowledge which is good structured and can be taught with stage activity paterrn step by step, to matter making pattern hip yoke circular skirt technics draping. The purpose of this study was to determine the increase in the activity of the teacher, student activities, and student learning outcomes and response student by applying direct instruction with approach saintific to the abilities of grade XI clothes organize student in SMK Negeri 1 Jabon, Sidoarjo. The kind of research used is research the includes a descriptive study with data collection methods of observation, test methods. A subject in this research is XI class fashion academic year 2015/2016 to maining 34 student. Research design and experimental research design using impure (pre experimental design),which is one shoot case study. Data analysis using  quantitative analysis by percentage. This research result indicates that activities of teachers from meeting 1 with the percentage 90% which means very good , in a meeting 2 and the percentage 97% which means very good. The work of the students on the activity of meeting 1 with cognitive domain get a fractional 88%, while in the meeting 2 psychomotor get a fractional lerning result student with direct instruction was very good, learning result student manner expressed complete in classical “to Pass” 100%.


 


Keyword: Model direct instruction, the activity and the results of learning to making paterrn hip yoke circular skirt technic draping.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.