Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X Busana Wirausaha SMKN 1 Buduran

Anggi Amalia

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kecakapan pemecahan masalah pada  siswa kelas X busana wirausaha. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi berupa instrument kecakapan pemecahan masalah dan tes kinerja. Penelitian dilakukan pada kelas X busana wirausaha di  SMK Negeri 1 Buduran dengan jumlah 35 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan kecakapan pemecahan masalah siswa kelas X busana wirausaha pada sub kompetensi pecah pola gaun sesuai desain sebesar 20% - 40% pada tiap indikator yang meliputi mengidentifikasikan masalah, mendefiniskan masalah, memeriksa solusi melaksanakan perencanaan, dan menguji dampak.  Temuan penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem based learning meningkatkan kecakapan pemecahan masalah  terutama pada indikator menguji dampak dan memeriksa solusi.


 


Kata kunci:   Model pembelajaran Problem based learning dan kecakapan pemecahan masalah siswa.


 


Abstract


 


This research aimed to know the implementation of problem based learning model to improve the problem solving skill of grader X Entrepreneurial Garment. Type of this research was Classroom Action Research which conducted in two cycles. Data collecting method were using observation technique in form of problem solving skill instrument and performance test. The research was conducted on grade X Entrepreneurial Garment in SMK Negeri 1 Buduran which consists of 35 students. Data analysis used was descriptive quantitative analysis. Result of the research proved that there is improvement on problem solving skill of grader X Entrepreneurial Garment on sub competency of dress pattern making as design in range 20% - 40% for each indicators including identifying problem, define the problem, checking solution, executing plan, and testing impact. Research finding is the implementation of problem based learning model improved problem solving skill, particularly on indicators of testing impact and checking solution.  


 


Keywords: Problem based leaning model and student’s problem solving skill.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.