Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok Secara Konstruksi di Kelas X Tata Busana 3 SMK Negeri 6 Surabaya

SISKA HANDAYANI, MARNIATI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran membuat pola da-sar rok secara konstruksi dengan media video pembelajaran, mengetahui pengaruh penerapan me-dia video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam membuat pola dasar rok secara kons-truksi setelah diterapkan media video pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperi-men (Pre Experimental Design). Subyek penelitian adalah 33 siswa kelas X Tata Busana 3 dari li-ma kelas paralel di SMK Negeri 6 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar siswa, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data Wilcoxon. Hasil penelitian membuktikan secara signifikan terdapat pengaruh penera-pan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Busana 3 SMK Negeri 6 Surabaya.

Kata kunci: media video pembelajaran.

Abstract

This study aims to know the absolute of learning to make archetypal skirt construction with instructional of video learning media, to know the influence of application of video learning media to student learning result in making the basic pattern of skirt in construction after applied video learning media. Type of research is pre-experimental research (Pre Experimental Design). Subject of the study were 33 students of grade X class 3 Fashion from five parallel classes in State Voca-tional High School 6 Surabaya. Methods of data collection using observation and test of student learning outcomes, data analysis techniques used are descriptive analysis and Wilcoxon analysis. Result of research proves there is influence significantly of the application of video learning media of the students of grade X class 3 Fashion State Vocational High School 6 Surabaya.

Keywords: Video Learning Media.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.