MINAT KONSUMEN PADA TENUN IKAT NTT DI SENTRA TENUN IKAT INA NDAO KOTA KUPANG

YERSI FLORIDA NADEK, DEWI LUTFIATI

Abstract


Abstrak

Tenun ikat NTT merupakan salah satu warisan budaya. Tenunan yang dikembangkan oleh setiap suku/etnis di NTT memiliki ciri khas ragam hias dan warna berbeda-beda, menjadikan kain tenun dari setiap daerah di NTT mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat konsumen pada tenun ikat NTT yang paling diminati ditinjau dari ragam hias, warna dan harga di sentra tenun ikat Ina Ndao Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan obyek penelitian minat konsumen pada tenun ikat NTT meliputi ragam hias, warna dan harga.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan oleh 31 responden di sentra tenun ikat Ina Ndao. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif berupa persentase.Penelitian terbukti bahwa, ragam hias yang paling diminati adalah ragam hias binatang, yang berasal dari daerah Sumba, warna yang paling diminati adalah warna tenun ikat yang berasal dari Timor, sedangkan harga yang terjangkau oleh para konsumen berkisar berkisar Rp. 500.000,- s/d Rp. 700.000,-

Kata Kunci: Minat konsumen, tenun ikat NTT.

Abstract

NTT tie weaving are one of the cultural heritage. The weaving are developed by every tribe in NTT that has different decoration characteristic and color, that makes the weaving from every region in NTT has them own attractiveness to the consumer. This research aim to determine of consumer interest to the most popular NTT tie weaving are terms by decoration, color, and price at centra of tenun ikat Ina Ndao Kota Kupang. Type of this research is descriptive quantitative with object of research is consumer interest to NTT tie weaving including decoration, color, and price. The data collection methods are questionnaire, interview, and documentation. Data retrieval was conducted by 31 respondents in centra of tenun ikat Ina Ndao Kota Kupang. While data analysis used is descriptive statistics with form of percentage.Research proved that, the most popular decoration is the decoration that comes from Sumba, the most popular color is the color of the weaving comes from Timor, while the affordable weaving price is derived from Sabu that ranged 500.000,00 IDR – 700.000,00 IDR


Keywords: Consumer interest, NTT tie weaving


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.