PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL VIRTUAL pada MATERI BUSANA CASUAL PRIA

UMI NUR SHOLIHAH, RATNA SUHARTINI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembuatan media pembelajaran modul virtual pada materi busana casual pria, mengetahui kelayakan media pembelajaran modul virtual pada materi busana casual pria, mengetahui hasil uji coba pada media pembelajaran modul virtual pada materi busana casual pria, mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran modul virtual pada materi busana casual pria. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain dan prosedur penelitian menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket kelayakan media dan angket respon mahasiswa. Instrument penelitian yang telah di validasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh hasil sebagai berikut: dari penampilan media dalam media pembelajaran modul virtual pada materi busana casual pria dinyatakan sangat valid dengan rating 85%, isi materi/media dinyatakan sangat valid dengan rating 81%, aspek bahasa dinyatakan sangat valid dengan rating 85%, setelah tahap validasi dapat dilanjutkan dengan revisi dan uji coba produk. Data-data yang diambil yakni kelayakan media dan respon mahasiswa. Hasil dari data kelayakan media memperoleh 85% dari penampilan media, 81% dari aspek bahasa dan 85% dari aspek materi/media yang dalam kategori sangat layak, sehingga media ini layak digunakan sebagai perantara media pembelajaran sedangkan hasil respon respon mahasiswa terhadap media pembelajaran ini dari tampilan media mendapatkan 96.7%, isi materi atau isi media mendapatkan 98.6%, dari aspek bahasa mendapatkan 98%berarti digolongkan dalam media sangat baik, oleh karena hasil respon mahasiswa menunjukkan bahwa keseluruhan aspek pengembangan media pembelajaran modul virtual pada busana materi casual pria termasuk dalam kategori sangat baik, maka media ini layak digunakan pada proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran modul virtual pada busana materi casual pria yang dikembangkan oleh peneliti menggunakan Edmodo dinyatakan layak karena hasil rating tampilan media 85%, isi media hasil rating 81 %, bahasa hasil rating 85% digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran khususnya untuk mata kuliah busana pria di D3 Tata Busana Universitas Negeri Surabaya.

Kata kunci: Edmodo, Busana Casual Pria, Media Pembelajaran, Modul Virtual.

Abstract

This study aims to find out the procedure of making virtual module learning media on casual fashion material, knowing the feasibility of virtual module learning media in casual fashion material, knowing test result on virtual module learning media on casual fashion material man, knowing student response to instructional media virtual module on casual fashion material man. This research is a development research. Design and research procedure using 4-D model that is define, design, develop, and disseminate. Data collection methods use media feasibility questionnaire and student response questionnaire. Instrument research that has been validated by media experts and material experts to obtain the following results: from the appearance of media in the virtual module learning media on casual fashion material man declared very valid with the rating of 85%, the material content / media declared very valid with 81% rating, the language aspect is declared to be very valid with an 85% rating, after which the validation phase can proceed with the revision and trial of the product. The data taken are media feasibility and student response. The results of the media feasibility data obtained 85% of media appearance, 81% of the language aspect and 85% of material / media aspects in the category very feasible, so this media is suitable to be used as an intermediary of learning media while the response response of students to this learning media from the media display gets 96.7%, the contents of the material or the content of the media get 98.6%, from the language aspect get 98%. Which means classified in the media very well, because the results of student responses show that all aspects of the development of virtual module learning media on mens casual clothing material included in the category very well, then this media is suitable for use in the learning process. The conclusion of this research is the development of virtual module learning media in casual men fashion material developed by researchers using Edmodo declared feasible because the media view rating 85%, the content of the media results 81% rating, the language of the rating result 85% used as a reference in learning especially for the eyes college boys fashion at D3 Fashion State University of Surabaya.

Keywords: Edmodo, Casual Mens Clothing, Learning Media, Virtual Module.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.