Pengaruh Jenis Interfacing Terhadap Hasil Jadi Manipulating Fabric Box Pleats Pada Rok Suai

UMI SAADAH, YULISTIANA

Abstract


Abstrak

Interfacing merupakan kain pelapis yang ditambahkan dan di letakkan pada bagian buruk kain sebagai pendukung dan memelihara stabilitas bentuk pakaian. Pelapis interfacing ini biasanya digunakan pada bagian busana seperti kerah, manset, ikat pinggang, saku, lubang kancing, dan lain sebagainya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan interfacing antara pelapis woven fusible interfacing 901, nonwoven fusible interfacing 25F, dan knit fusible tricot interfacing terhadap hasil jadi manipulating fabric box pleats pada rok suai. (2) Untuk mengetahui hasil jadi manipulating fabric box pleats yang terbaik antara penggunaan pelapis woven fusible interfacing 901, nonwoven fusible interfacing 25F, dan knit fusible tricot interfacing pada rok suai ditinjau dari aspek bentuk dan volume, proporsi, daya pakai, serta nilai estetika.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi (check list) yang terdiri dari 30 responden yaitu dosen dan mahasiswa Tata Busana Unesa. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis statistik nonparametrik uji Kruskal Wallis dengan bantuan SPSS versi 20 taraf nyata 5%.

Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh jenis interfacing terhadap hasil jadi manipulating fabric box pleats pada rok suai. (2) Hasil jadi manipulating fabric box pleats pada rok suai yang terbaik adalah produk dengan penggunaan pelapis woven fusible interfacing 901.

Kata kunci: jenis interfacing, manipulating fabric box pleats, rok suai.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.