PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI TELEGRAM TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSIoMENGIDENTIFIKASIoJENIS BAHANoUTAMA PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMKN 1 BUDURAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019

OKI AYUNAWATI FATMAYA, MARNIATI

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan IPTEK yang semakin maju menuntut seorang guru untuk mengikuti perkembangan tegnologi dan memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi mengenai kevalidan Media pembelajaran telegram serta mengetahui pengaruh pada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama.Dengan membuat media pembelajaran berupa aplikasi android berupa telegram siswa diharapkan dapat belajar secara mandiri.

Metode yang digunakanidalamepenelitianumenggunakanemodel R&D dengan rancangan penelitian ADDIE yaitu tahap analysis, design (perancangan), development (pembuatan) , implementasi, dan evaluasi.

Hasilapenelitian menunjukanobahwa mediakpembelajaranoberupa aplikasi android berupa telegram berdasarkan hasil kevalidan oleh ahli media mendapatkan presentase 95% dengan kategori sangat valid, ahli materi menilai sangat valid dengan presentase 85%,sedangkan untuk hasil belajar dari 30 siswa memiliki presentase total 93,33% Sehingga berdasarkan prosentase pencapaian nilai tersebut termasuk pada interpretasi 81% -100%. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan aplikasi telegram berpengaruh terhadapa hasil belajar siswa kelas XI Tata busana SMKN 1 Buduran pada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama pada busana.

Kata Kunci:Penerapan media Pembelajaran,Telegram, Mengidentifikasi jenis bahan utama.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.