Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI/Team Assisted Individualization terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Pembuatan Pola Dasar dengan Teknik Draping di SMKN 1 Buduran Sidoarjo

IKE HERMIYANTI, MARNIATI

Abstract


Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI/Team Assisted Individualization terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Pembuatan Pola Dasar dengan Teknik Draping di SMKN 1 Buduran Sidoarjo

Ike Hermiyanti

Mahasiswa Program Studi S-1 Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

ikehermiyanti@mhs.unesa.ac.id

Marniati

Dosen Pembimbing Jurusan PKK, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

marniati@unesa.ac.id

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif TAI/Team Assisted Indiidualizationadalah metode pembelajaran kelompok yangdirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization pada kompetensi dasar pembuatan pola dengan teknik draping di SMKN 1 Buduran Sidoarjo 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization terhadap keaktifan siswa kelas X Tata Busana WU (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pembuatan pola dengan teknik draping di SMKN 1 Buduran Sidoarjo

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pra-experimen dengan menggunakan desain penelitian one shoot case study. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran TAI/Team Assisted Individualization, lembar observasi keaktifan siswa, lembar soal tes kognitif dan psikomotor. Analisis data yang digunkan yaitu analisis deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu 32 siswa kelas X tata busana WU. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Buduran Sidoarjo.

Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization pada mata pelajaran pola dasar menggunakan teknik draping mencapai nilai yang masuk dalam kategori baik. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization berpengaruh dengan baik terhadap keaktifan siswa kelas X tata busana WU dengan kategori nilai baik. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe TAI/Team Assisted Individiualization berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang dinyatakan tuntas atau telah memenuhi Kriteria minimum kelulusan (KKM) 78 yaitu sebanyak 23 siswa. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 72% siswa yang dapat dikategorikan dalam kategori Baik.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TAI Team Assisted Individiualization, Keaktifan siswa, Hasil belajar siswa

Abstract

Team Assisted Individualization is a teaching group learning methods design to overcomes individual difficulties Study. The purpose of this study is 1) to find out implementation of team assisted individualization cooperative learning in to basic competency of making pattern with draping in the SMKN 1 Buduran Sisoarjo. 2) to find out the impact of team assisted individualization cooperative learning toward the student activity. 3) to find out the impact of team assisted individualization cooperative learning toward the student learning achievement in to basic competency of making pattern with draping.

The type of this study is experiment design using one-shot case study. Data collecting method id observation and test. The instrument are used id observation sheet, cognitive test and pshycomotor test worksheet. Analysis data method are used is descriptive. The subject of this study is 32 student in the grade 10 tata busana WU. This study are implemented in SMKN 1 Buduran Sidoarjo, East Java.

The result of this study 1) Implementation of team assisted individiualization cooperative learning on basic competency of making pattern with draping have a good value. 2)Team assisted individiualization cooperative learning making a good impact about student activity 3) Team assisted individiualization cooperative learning making a good impact about student learning achievement. 72% Student was completely received the learning in good category. 23 student are completed they study in basic competency of making pattern with draping.

Keywords : Cooperative Learning, Team Assisted Individiualization, Student Activity, Student Learning Achievement



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.