PERBEDAAN ARAH SERAT MELEBAR DAN MEMANJANG TERHADAP HASIL JADI TEKNIK ANYAMAN TIGA SUMBU PADA SARUNG BANTAL

ANNISA ALFISAHR, JUHRAH SINGKE

Abstract


Anyaman tiga sumbu dikenal juga sebagai anyaman silang yang tersusun menurut tiga arah. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui hasil jadi anyaman tiga sumbu dengan menggunakan arah serat melebar dan memanjang pada sarung bantal. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil jadi arah serat melebar dan memanjang terhadap hasil jadi teknik anyaman pada sarung bantal ditinjau dari aspek kesesuaian bentuk motif anyaman, hasil jadi anyaman dan ukuran motif anyaman.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi yang diisi oleh 30 observer terdiri dari 3 dosen tata busana dan 27 mahasiswa tata busana yang menempuh mata kuliah desain tekstil. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan program SPSS 20 dengan  < 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil jadi anyaman dengan arah serat melebar mendapatkan nilai mean 3.00 sedangkan arah serat memanjang mendapatkan nilai mean 3.23. Berdasarkan uji t menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan diantara arah serat melebar dan memanjang terhadap hasil jadi anyaman tiga sumbu pada sarung bantal. Dari hasil rata-rata dapat disimpukan hasil jadi anyaman tiga sumbu yang paling baik terdapat pada arah serat memanjang karena arah serat memanjang memiliki sifat serat yang baik dari pada arah serat melebar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.