Pengaruh Massa Dan Jenis Mordan Terhadap Hasil Jadi Pewarnaan Biji Palem Putri (Veitchia Merillii) Teknik Shibori Pada Tunik

YENI ARIYANTI, SITI SULANDJARI

Abstract


Palem Putri (Veitchia merillii) merupakan tanaman cosmopolitan di daerah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia. Pada biji palem putri terkandung alkaloid, flavonoid, terpenoid, kuinon, polifenol/tannin yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh massa dan jenis mordan terhadap hasil jadi pewarnaan menggunakan biji palem putri (veitchia merillii) pada tunik berbahan stretch denim dengan teknik shibori ditinjau dari aspek ketajaman warna, daya serap warna dan kejelasan motif, 2) mengetahui hasil pewarnaan terbaik menggunakan massa dan jenis mordan terhadap hasil jadi pewarnaan biji palem putri (veitchia merillii) pada tunik berbahan stretch denim dengan teknik shibori ditinjau dari aspek ketajaman warna, daya serap warna dan kejelasan motif.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan variabel bebas yaitu jenis mordan (soda abu dan tawas) dan massa mordan (130 gram, 150 gram dan 170 gram). Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu hasil jadi pewarnaan biji palem putri (veitchia merillii) dengan teknik shibori pada tunik menggunakan bahan stretch denim yang meliputi ketajaman warna, daya serap warna, dan kejelasan motif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Data diolah menggunakan metode analisis statistic anava ganda dengan bantuan SPSS24 dan taraf signifikan  < 0.05.

Hasil analisis anava ganda diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi jenis dan massa mordan terhadap hasil pewarnaan. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh jenis mordan terhadap pewarnaan biji palem putri ditinjau dari aspek ketajaman warna, daya serap warna dan kejelasan motif. Massa mordan diketahui memiliki pengaruh terhadap ketajaman warna dan daya serap warna, tetapi tidak memiliki pengaruh terhadap kejelasan motif.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.