MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN BISNIS BUSANA DI SMK NEGERI 1 BUDURAN

RITA DWI CAHYANI, LUTFIYAH HIDAYATI

Abstract


Project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara membuat karya atau proyek yang terkait dengan materi ajar dan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Penerapan pembelajaran Project Based Learning mendorong tumbuhnya kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, kepercayaan diri, serta berfikir kritis analitis pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran project based learning, untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan model pembelajaran project based learning, dan untuk mengetahui kreativitas siswa pembuatan packaging busana.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design dengan menggunakan rancangan the one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah kelas XI Desain Fesyen di SMK Negeri 1 Buduran sebanyak 36 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis data aktivitas guru, aktivitas guru, dan hasil tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pembelajaran project based learning mendapat rata-rata 87,78% dengan kategori baik. Aktivitas siswa mendapat rata-rata 96,89% dengan kategori sangat baik. Ketercapaian ketuntasan belajar siswa dengan nilai skor rata-rata pre test 73,33, hasil post test 94,77 dan hasil tes psikomotor 89,17. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran pengembangan bisnis busana kelas XI Desain Fesyen di SMK Negeri 1 Buduran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.