PERBEDAAN KETEBALAN JENIS KAIN SATIN POLYESTER TERHADAP HASIL JADI TSUMAMI (HANA) KANZASHI PADA BROS

MAULIDYAH HASTI CHASANAH, IRMA RUSSANTI

Abstract


Kanzashi atau lebih tepatnya disebut tsumami hana kanzashi, merupakan hiasan atau pin rambut yang dikenakan oleh geisha. Kata kanzashi mengacu pada hiasan rambut yang dikenakan oleh wanita Jepang, sementara hana ialah bunga, dan tsumami mengacu pada proses melipat yaitu memotong kain dan membentuknya menjadi kotak untuk membuat bunga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan ketebalan jenis kain satin polyester terhadap hasil jadi tsumami hana kanzashi pada bros dan untuk mengetahui hasil jadi tsumami hana kanzashi yang paling baik digunakan sebagai bros ditinjau dari aspek bentuk kelopak bunga, aspek kestabilan lipatan dan aspek kerapihan.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis kain berbeda ketebalan, yaitu kain satin polyester dengan ketebalan 0,61 mm roberto cavali dan kain satin polyester dengan ketebalan 0,48 mm sateen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis kain satin polyester dengan ketebalan 0,48 mm roberto cavali dan kain satin polyester dengan ketebalan 0,61 mm sateen. Variabel terikat dalampenelitian ini adalah hasil jadi tsumami hana kanzashi pada bros ditinjau dari aspek bentuk kelopak bunga, aspek kestabilan lipatan dan aspek kerapihan.

Berdasarkan hasil analisis data uji independent t test ditinjau dari aspek bentuk kelopak bunga diperoleh hasil α = 0,65 yang berarti α > 0,05 menunjukkan adanya perbedaan ketebalan jenis kain satin polyester terhadap hasil jadi tsumami hana kanzashi pada bros, pada aspek kestabilan lipatan diperoleh hasil α = 0,03 yang berarti α < 0,05 menunjukkan tidak terdapat perbedaan ketebalan jenis kain satin polyester terhadap hasil jadi tsumami hana kanzashi pada bros dan pada aspek kerapihan diperoleh hasil α = 0,24 yang berarti α > 0,05 menunjukkan tidak terdapat perbedaan ketebalan jenis kain satin polyester terhadap hasil jadi tsumami hana kanzashi pada bros pada aspek bentuk kelopak dan aspek kerapihan. Hasil jadi tsumami hana kansahi yang paling baik digunakan sebagai bros ditinjau dari aspek bentuk kelopak bunga, aspek kestabilan lipatan dan aspek kerapihan adalah kain satin polyester ketebalan 0,61 mm dengan mean 3,32


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.