Pengaruh Lebar Bias terhadap Hasil Jadi Slashing pada Blus

DHOROTHEA SEVI, IRMA RUSSANTI

Abstract


Fabric slashing adalah salah satu teknik dari memanipulasi kain dengan cara menumpukkan beberapa kain lalu memotong satu atau beberapa lapis dari tumpukan kain tersebut dan meninggalkan satu lapisan paling akhir tetap utuh.Pada penelitian ini, manipulating fabric slashing diterapkan pada tengah muka blus dengan menggunakan jarak lebar bias 1 cm, 1,5 cm dan 2 cm. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh jarak lebar bias manipulating fabric slashing terhadap ukuran jarak antara tiap jahitan 1 cm, 1,5 cm dan 2 cm pada blus ditinjau dari aspek bentuk, kerapian dan kestabilan, 2) Untuk mengetahui hasil jadi yang terbaik dari penerapan manipulating fabric slashing diantara ukuran jarak antara tiap jahitan 1 cm, 1,5 cm dan 2 cm pada blus.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel bebas yaitu jarak lebar bias yang meliputi jarak lebar bias 1 cm, 1,5 cm dan 2 cm. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil jadi manipulating fabric slashing pada blus yang meliputi: aspek bentuk, aspek kerapian dan aspek kestabilan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan 30 observer: 5 orang panelis ahli, 10 orang mahasiswi program studi tata busana angkatan 2012, 10 orang mahasiswi program studi tata busana angkatan 2014 dan 5 orang mahasiswi program studi tata busana angkatan 2016 yang sudah memprogram mata kuliah desain tekstil dan manajemen busana wanita II. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava klasifikasi tunggal dengan taraf signifikansi ρ ≤ 0,05 dengan bantuan SPSS 20.

Hasil analisis data diperoleh berdasarkan hasil jadi manipulating fabric slashingpada aspek bentuk memiliki pengaruh dengan Fhitung= 8,42 dengan taraf signifikan a=0,00 (<0,05). Pada aspek kerapian memiliki pengaruh dengan Fhitung= 3,32 dengan taraf signifikan a=0,04 (<0,05), sedangkan aspek kestabilan memiliki pengaruh dengan Fhitung= 9,34 dengan taraf signifikan a=0,00 (<0,05) dengan jarak bias terhadap hasil jadi slashing pada blus dengan perolehan mean sebesar 3,48 pada jarak bias 1,5 cm. Hasil jadi manipulating fabric slashing pada blus ditinjau dari keseluruhan aspek yang diamati adalah pada jarak bias 1 cm dengan nilai mean secara keseluruhan 2.94 merupakan kategori baik, dan pada jarak bias 2 cm dengan nilai mean secara keseluruhan 3,34 merupakan kategori baik, sedangan pada jarak bias 1,5 cm diperoleh nilai mean 3.48, merupakan kategori sangat baik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.