Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Terhadap Produk Rabbani

MITA YUNIATI

Abstract


 


Abstrak


 


Penelitian dilakukan terhadap konsumen produk Rabbani yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen terhadap produk Rabbani. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan, kualitas pelayanan, reputasi perusahaan, dan atribut produk. Penelitian dilakukan di Bunker Rabbani Surabaya dengan jumlah sampel sebesar 100 sampel dengan jenis kelamin perempuan. Faktor-faktor tersebut dikatakan berpengaruh jika mempunyai nilai signifikansi kurang dari nilai alpha yaitu sebesar 0,05. Hasil pengujian validitas dan reliabilitas menunjukkan setiap item pertanyaan kuesioner dinyatakan valid dan reliabel, sehingga data dapat dianalisis untuk pengujian yang selanjutnya. Secara berturut-turut faktor-faktor yang mempengruhi minat konsumen terhadap produk rabbani adalah atribut produk dengan koefisien regresi sebesar 0,455, daya tarik iklan dengan koefisien regresi 0,244, kualitas pelayanan dengan koefisien regresi 0,160 dan reputasi perusahaan dengan koefisien regresi 0,158. Hasil uji signifikansi faktor-faktor tersebut mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel terikat dengan alpha sebesar 0,05 nilai signifikansi atribut produk sebesar 0,000, nilai signifikansi daya tarik iklan 0,001, nilai signifikansi kualitas pelayanan sebesar 0,035 dan nilai signifikansi reputasi perusahaan sebesar 0,035. Hasil uji determinasi keseluruhan faktor-faktor tersebut mempunyai pengaruh sebesar 67% terhadap variabel terikat. Simpulan penelitian bahwa daya tarik iklan, kualitas pelayanan reputasi perusahaan dan atribut produk mempengaruhi minat konsumen secara positif dan signifikan terhadap produk Rabbani.


 


Kata kunci: Minat, Daya Tarik Iklan, Kualitas Pelayanan, Reputasi Perusahaan, Atribut Produk.


 


 


Abstract


 


Research conducted on consumer products Rabbani, the purpose of this study was to determine the factors that affect the consumers interests of Rabbani products. The factors examined in this study is the appeal of advertising, service quality, company reputation, and product attributes. The study was conducted in Rabbani Bunker Surabaya with a sample size of 100 samples with the female gender. These factors were said to be influential if it has a significance value is less than the alpha value of 0.05. The test results demonstrate the validity and reliability of each question item questionnaire is valid and reliable, so that the data can be analyzed for further testing. Respectively the factors that affect the consumers interests of products with the product attributes Rabbani is the regression coefficient of 0.455, advertising appeal with regression coefficient 0.244, quality of service with a regression coefficient of 0.160 and the company's reputation with the regression coefficient of 0.158. Results of tests of significance of these factors have a significant positive affect on the dependent variable with an alpha of 0.05 significance value of 0.000 product attributes, significance value 0.001 advertisement appeal, the significant value of quality of service equal to 0.035 and a significance value of 0.035 the company's reputation. Overall test results of determination of these factors have an influence by 67% of the dependent variable. The conclusion that the appeal of advertising, service quality, company reputation and product attributes have positive and significant impact on consumer interest in the product Rabbani.


 


Keywords: Interests, Appeals Advertising, Service Quality, Company Reputation, Product Attributes


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.