Pengaruh Media Kotoba Gazou (Gambar Kosakata) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik

CICIK HARIATI RUSNI

Abstract


ABSTRAK


Penguasaan kosakata merupakan salah satu faktor penunjang agar siswa dapat mengkomunikasikan ide atau pikiran dalam bahasa Jepang. Sebenarnya siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari kosakata, sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan kosakata. Oleh karena itu, digunakan media kotoba gazou (gambar kosakata) untuk pembelajaran kosakata bahasa Jepang.


Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana pengaruh media kotoba gazou (gambar kosakata) terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI MIA 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimen design. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Data dalam penelitian ini adalah nilai pre test dan post test siswa. Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan media gambar biasa, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan media kotoba gazou (gambar kosakata).


Berdasarkan hasil perhitungan perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan rumus t-test diperoleh 3,14 > (0,01,62) = 2,36 > (0,05,62) = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media kotoba gazou (gambar kosakata) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang.


 


Kata Kunci : Media kotoba gazou (gambar kosakata), kosakata.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.