PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (あーん) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SURABAYA

BETTY NISMA ANUGRAHENI

Abstract


PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAILKEM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ARISAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA (あーん) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SURABAYA


Betty Nisma Anugraheni


Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya


bettynisma.anugraheni@gmail.com


Abstrak


Strategi merupakan salah satu pendekatan yang digunakan guru untuk menarik perhatian siswa dan membuat siswa nyaman akan proses pembelajaran yang sedang dilakukan. Salah satu strategi yang digunakan untuk pembelajaran adalah strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan. Strategi ini digunakan untuk mengukur kemampuan menulis huruf Hiragana (あーん) pada siswa SMA Negeri 14 Surabaya.


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan menulis huruf Hiragana dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan. Dalam melakukan analisis data, digunakan metode penelitian eksperimen murni. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan soal berupa pre-test dan post-test. Selain itu juga menyebarkan angket pada kelas eksperimen. Sampel penelitian ini 66 orang siswa SMA Negeri 14 Surabaya kelas XI tahun ajaran 2014/2015, namun dalam pengolahan data hanya 36 siswa yang dianalisis karena hasil dari penggunaan random sampling. Hasil analisis penelitian ini adalah bahwa strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis hurufHiragana siswa kelas XI SMA Negeri 14 Surabaya. Dari hasil analisis diketahui bahwa nilai t-score (-6,982) < nilai t-tabel (-2,11), menunjukkan bahwa penggunaan strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis huruf Hiragana di SMA Negeri 14 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis angket, strategi PAILKEM dengan menggunakan media kartu arisan mendapatkan respon positif dari siswa dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf Hiragana.


Kata Kunci: PAILKEM, Kartu Arisan, Menulis huruf Hiragana


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.