EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF "COLLEGE BALL" TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF KATAKANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO TAHUN PELAJARAN 2014 /2015

SITI NUR ALIFAH

Abstract


ABSTRAK


Kata kunci : startegi pembelajaran aktif college ball, huruf katakana


Penguasaan huruf katakana sangat berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa dalam mempelajari bahasa Jepang. Penelitian ini digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam menulis huruf katakanadi SMA Negeri 4 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh serta respon siswa terhadap efektifitas sebuah strategi pembelajaran aktif college ball untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis huruf katakana.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (true experimen design). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo dengan sampel kelas lintas minat Bahasa Jepang 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas lintas minat Bahasa Jepang 3 sebagai kelas kontrol.


Berdasarkan hasil analisis datadari nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh hasil t-testadalah 2,56 , dengan harga t kritik pada ts0,05 = 1,66 dan pada ts0,01 = 2,36, sehingga diperoleh 1.66 ≤ 2.36 ≤ 2.56. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui jika nilai t-test hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif college ball berpengaruh positif terhadap kelas eksperimen dalam meningkatkankemampuan menulis huruf katakana.


Dalam proses penerapan strategi pembelajaran aktif college ball ini dapat diamati siswa menjadi bersemangat mengikuti pembelajaran, strategi pembelajaran aktif college ball juga dapat melatih kerjasama yang baik antar anggota kelompok dan melatih keberanian siswa untuk maju menjawab soal.Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa berpendapat bahwa strategi pembelajaran aktif college ball dapat membantu siswa dalam proses belajar huruf katakana (82.14%), dan strategi pembelajaran aktif college ball efektif dalam pembelajaran hururf katakana (85%).


要旨


キーワード: college ballという能動学習戦略、片仮名


日本語の学習に際して、生徒の片仮名を書く能力は言語知識を向上させるのに多少の影響を及ぼすと考えられ、特に国立シドアルジョ第4高校(以下、シドアルジョ高校)にも上記の如き問題が発生した為、当シドアルジョ高校における研究が実施されることになった。学習者の対応や反応と片仮名を書く能力に対するCollege ballという能動学習戦略(以下、能動学習戦略)の効果を記述することが本研究の目的である。


この研究は純粋実験設計を用いる定量的研究である。研究の母集団はシドアルジョ高校の10年生で選択必修科目として日本語を学ぶクラスを見本にした。その1組を実験群、3組を統制群とした。


実験群と統制群における事前テストと事後テストの分析では、t検定の結果は5%の棄却限界値のときに1.66、1%の棄却限界値のときに2.36で2.56だった。簡単に述べると1.66 ≤ 2.36 ≤2.56で、被験者の間に有意差があるのが妥当であることが分かった。これは、実験群におけるカタカナを書く能力向上に対して能動学習戦略は効果があることを示している。


College Ballの活動を行っている間、生徒はカタカナを書く学習を熱心にやっていた。この戦略は、また生徒がグループのメンバーと協力するのを励まし、教室の前で勇気を出して、質問に答えるよう動機づけていた。しかも、アンケート調査によると、能動学習戦略の実行は片仮名の書く能力に役に立つと回答した。生徒の割合は82.14%で、当戦略は非常に効果があると回答した生徒の割合は85%であった。


以上の結果から、本研究は国立シドアルジョ第4高校における10年生の日本語学習者に好影響を及ぼすと言える。


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.