EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKTIF TEKS ACAK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT HIRAGANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SIDOARJO

ISABELLA YESA OLIVIA

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca kalimat hiragana siswa kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Berdasarkan wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Jepang, pada proses kegiatan belajar dalam kelas dapat diketahui bahwa siswa kelas X masih mengalami kesulitan dalam membaca kalimat bahasa Jepang. Oleh karena itu, digunakan strategi pembelajaran aktif teks acak dengan media kartu kata hiragana untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa terhadap kemampuan membaca kalimat bahasa Jepang. Strategi pembelajarn aktif teks acak ini merupakan strategi pembelajaran yang mampu menjadikan siswa berpikir kreatif dan aktif, sedangkan media kartu kata berisikan kata hiragana yang akan mengasah daya pikir siswa dalam membaca kata hiragana sampai pada tahap membaca kalima. Media kartu kata ini telah divalidasikan kepada ahli media dengan hasil layak digunakan dengan sedikit revisi.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis data pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol 1,67 ≤ 2,00 ≤ 2.,10. Dengan hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif teks acak menggunakan media kartu kata efektif digunakan atau mempunyai pengaruh positif pada kelas eksperimen. Sedangkan berdasrkan hasil angket respon dari 30 siswa dibagi menjadi tiga aspek. Aspek pertama yaitu pemahaman siswa terhadap membaca kata hingga kalimat hiragana dengan jumlah presentase 84%, aspek kedua yaitu media kartu kata berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap kalimat hiragana dengan presentase 86%, aspek ketiga yaitu pengaruh efektivitas strategi pembelajaran teks acak menggunakan kartu kata pada proses belajar membaca kalimat hiragana dengan presentase 82%.


Kata Kunci:Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak Menggunakan Kartu Kata


要旨


本論は在シドアルジョ市第四国立高校に在学している学習者の平仮名言葉の理解力について述べた論文である。現地日本語教官によると、十年生の日本語学習者は平仮名言葉の理解力がそれ程高くはないようである。それで、無作為カードゲームの能動学習戦略についての研究を実行した。本研究を通じて、より創造性を持ち、授業中により積極的に勉強できる体制が整えられ、平仮名言葉カードで学習者の読書力が長文を把握できるまで上達することが期待される。ゲーム実行の前に、全ての教材やカードは視聴覚教材の専門家に検証された。定量的な「本研究True experiment」を実施するため、実験前と実験後の2回テストという二つの条件が満たされたt検定の結果を簡単に述べると、1.67 ≤ 2.00 ≥2.10であった。この結果は、本実験は有意差を持つ研究ということを示す。


アンケート調査によると、平仮名言葉や短文に対する被験者の把握率は84%であり、語彙カードゲームは平仮名言葉に対する被験者の読書力に好影響を与えると応えた学習者の割合は86%であり、無作為な語彙カードゲームは学習者の文章組立力に好影響を与えると応えた学習者の割合は82%であった。つまり、本研究は在シドアルジョ市第四国立高校に在学している日本語学習者に好影響を及ぼすと言える。


キーワード無作為カードゲームの能動学習戦略


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.