Pengembangan Lagu Itadakimasu Untuk Membantu Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang Siswa Kelas XI-JB SMKN 1 Prigen Tahun Ajaran 2016/2017

PRATIWI NOVIDAYANTI

Abstract


Keterampilan berbicara perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran bahasa agar siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk berbicara secara wajar, jujur, benar, serta bertanggungjawab dengan menghilangkan rasa malu dan ketegangan. Namun siswa kelas XI-JB SMKN 1 Prigen tidak percaya diri dan salah dalam pengucapan kalimat saat diberikan tes berbicara bahasa Jepang. Maka peneliti mengembangkan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang khususnya materi percakapan antara pelayan dan tamu saat di restoran.Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah  mendeskripsikan  proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap pengembangan lagu Itadakimasu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan media yang dikemukakan oleh Sadiman.


Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa proses  pengembangan media lagu Itadakimasu menggunakan teori pengembangan Sadiman terdiri dari identifikasi kebutuhan siswa tentang minat dan permasalahan siswa, perumusan tujuan yaitu siswa dapat melakukan percakapan dengan baik, perumusan butir-butir materi tentang percakapan antara pelayan dan tamu saat di restoran, perumusan alat pengukur keberhasilan menggunakan tes kemampuan berbicara berupa ujaran terstruktur, penulisan naskah media tentang alur pembuatan media lagu Itadakimasu, validasi ahli oleh ahli materi dan ahli media, serta revisi produk mengenai tampilan cover . Setelah revisi diselesaikan, tahap selanjutnya yaitu uji coba terbatas pada kelas XI-JB dengan jumlah 22 siswa. Dari hasil tersebut, terdapat peningkatan yang signifikan. Kelayakan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang dilihat dari penilaian validasi materi yaitu 85,6% dalam aspek kualitas media dan aspek audiovisual. Sedangkan penilaian validasi media yaitu 89,6% dalam aspek kesesuaian materi dan kelengkapan materi. Penilaian hasil validasi materi dan validasi media terdapat pada interval antara 81%-100% yang memiliki kriteria “sangat kuat”. Respon siswa terhadap pengembangan lagu Itadakimasu untuk membantu keterampilan berbicara bahasa Jepang memperoleh respon baik yaitu siswa tertarik dengan media lagu Itadakimasu baik dalam aspek penyajian materi maupun aspek audiovisual


Kata Kunci : Lagu, Itadakimasu, Keterampilan Berbicara


要旨


会話のスキルは学習活動で使用する必要があり、特に言語学習である。使用することで、学生は正しく話す自信を持つことができる。また、責任を持って緊張や恥ずかしさなどを消すことができる。しかし、SMKN 1 Prigen のXI年生JBクラスは日本語の会話テストを受ける時、自信がなくて、文を言う時に間違いがある。そのため、研究者は日本語会話スキルを促進するために『いただきます』の歌を開発した。特にレストランでの店員とお客さんの会話である。その背景に基づいて本研究の目的は『いただきます』の歌の質と学生の応答を記述することである。本研究は開発研究であり、サディマンによって提案された研究モデルを使用した。分析の結果、次のことが分かった。『いただきます』の歌の展開鉄付きはサディマンの研究理論で使用する。それは必要性の識別、目標の策定、計戊功の処方、脚本メディア、確認の専門家、是正の産物だ。是正するのあとで、XI年生JBクラス生徒22人に実験またはトライアルだ。したがって生徒はいちじるしい向上を見せた。日本語会話スキルを促進するための歌『いただきます』の質は、資料の専門家から見ると85.6%で、メディアの専門家から見ると89.6%である。資料の専門家とメディアの専門家の回答は81% - 100% の間隔にあり、非常に強い。日本語会話スキルを促進するための歌『いただきます』の開発に対して、学生から良い応答がある。


キーワード:歌、いただきます、会話スキル


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.