PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARADA NO KARUTA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

SUNTARA DWI SUNARYA

Abstract


Abstrak
Tujuan pengajaran bahasa pada prinsipnya adalah agar siswa terampil berbahasa. Agar dapat dikatakan terampil berbahasa, siswa harus memiliki kuantitas dan kualitas kosakata yang baik. Berdasarkan hasil analisis angket pra-penelitian penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto, diketahui bahwa 17 siswa dengan persentase 63% menyatakan kesulitan dalam penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang. Sehingga dalam penelitian ini digunakan media Karada no Karuta untuk meningkatkan penguasaan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang.
Media Karada no Karuta merupakan media visual yang menyajikan kosakata anggota tubuh dalam bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Karada no Karuta terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto tahun ajaran 2016/2017 serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Karada no Karuta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan true experiment design karena menggunakan dua subjek penelitian yang dibandingkan yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Untuk menentukan sampel pada peneltitian ini, digunakan simple random sampling dengan cara undian. Setelah undian dilakukan, didapatkan bahwa sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol (X IPS 2) proses pembelajaran menggunakan media power point, sedangkan pada kelas eksperimen (X MIPA 6) proses pembelajaran menggunakan media Karada no Karuta.
Berdasarkan hasil analisis data dari hasil pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh hasil t-test 5,33 > 1,67 > 2,39. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media Karada no Karuta mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Adanya perbedaan mean kelas kontrol dan kelas eksperimen didukung oleh hasil angket respon siswa. Dari hasil analisis data angket, media Karada no Karuta mendapat respon positif saat pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa media Karada no Karuta mempunyai pengaruh positif terhadap kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 6 SMA Negeri 2 Kota Mojokerto.
Kata Kunci: Media Karada no Karuta, Kosakata Anggota Tubuh, Kosakata Bahasa Jepang
要旨
言語教育の目的は生徒の言語能力がつくことである。そのために、語彙をよく分かることが必要である。生徒の言語能力における研究前のデータ分析の結果、国立モジョケルト第2高校2016/2017年度10年生6組科学クラスは63%(12人)が体の語彙習得に困難があった。本研究では、体の語彙を習得するために、『からだのカルタ』を利用する。
『からだのカルタ』は視覚メディアで、体の語彙を表すメディアである。本研究の目的は国立モジョケルト第2高校2016/2017年度10年生6組科学クラスにおける日本語の語彙習得に対する視覚メディア『からだのカルタ』の使用効果を記述することと、視覚メディア『からだのカルタ』の使用効果に対する生徒の反応を知ることである。
本研究は定量的で、True Eksperiment Designを使用する。従って、2つのグループを比べる。本研究の対象は国立モジョケルト第2高校である。本研究の母集団は国立モジョケルト第2高校の10年生クラスである。サンプルはランダムサンプリングによって行った。サンプルはコントロールクラスとして社会科学2組、実験クラスとして科学6組である。コントロールクラスの授業ではパワーポイントのメディアを、実験クラスの授業では視覚メディア『からだのカルタ』を行った。
コントロールクラスと実験クラスのプレテスト、およびポストテストのデータ分析の結果、t検定で5.33 > 1.67 > 2.39となり。実験クラスで視覚メディア『からだのカルタ』を使用したことはより効果的という結果を示した。アンケートの結果では、このメディアを行ったとき、生
Hikari. Volume 05 Nomor 03 Tahun 2017
徒は積極的で、授業が楽しかったと答えた。これは、視覚メディア『からだのカルタ』が国立モジョケルト第2高校6組科学の実験クラスにおいて、プラスの影響を与えていることを示している。従って、視覚メディア『からだのカルタ』は生徒が日本語の語彙を習得するのを助けることができると考えられる。
キーワード:視覚メディア『からだのカルタ』、体の語彙、日本語の語彙


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.