PENGARUH PERMAINAN TRUTH OR DARE TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KATA KERJA BENTUK ~て, ~てDAN  ~てくださいPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

Tita Handayani

Abstract


Abstrak


Peneitian ini merupakan penelitian penerapan permainan Truth or Dare dalam pembelajaran perubahan kata kerja bentuk ~te. Tujuan penelitian ini adalah untuk medeskripsikan pengaruh permainan Truth or Dare terhadap peningkatan penguasaan mengubah kata kerja bentuk ~te dan respon siswa terhadap penggunaan permainan Truth or Dare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan jenis rancangan eksperimen murni (true experimental design), yakni perlakuan terhadap dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto dengan sampel kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan rumus t-test diketahui dari hasil perhitungan perbedaan dua mean pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung = 2,54 > t (tabel ts0,01) = 2,39 dan t (tabel ts0,05) = 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Truth or Dare memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan penguasaan perubahan kata kerja bentuk ~te siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto tahun ajaran 2016/2017. Sedangkan Dari hasil angket respon siswa dapat diketahui bahwa dari 27 siswa 79,26% berpendapat bahwa permainan Truth or Dare dapat membuat proses dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan, 79,26% berpendapat bahwa permainan Truth or Dare membantu siswa belajar perubahan kata kerja bentuk ~te lebih mudah  dan 71,11% berpendapat bahwa desain dari kartu permain Truth or Dare menarik dan lucu.


Kata Kunci: permainan Truth or Dare, kata kerja, kata kerja bentuk ~te.


要旨


本研究はテ形動詞の変形にTruth or Dareゲームを使用する。本研究の目的はテ形動詞の習得する能力の強化に対し、Truth or Dareのゲームはどのような影響を与え、生徒に反応があるかである。本研究では定量的なTrue Eksperimen Designを使用する。本研究の対象はモジョケルトプリ第一国立高等学校である。サンプルは実験クラスとしてのXI IPS 3で、コントロールクラスとしてのXI IPS2である。データを分析した結果は T-test でコントロールクラスと実験的なクラス、 この二つの mean 違うクラスの計算したからわかる。それはt = 2,54 > t (tabel ts0,01) = 2,39 dan t (tabel ts0,05) = 1,67である。これにより、Truth or Dare ゲームの使用は 2016/ 2017 年度におけるモジョケルトプリ第一国立高等学校の XI 年生社会科クラスにいい影響を与えるとが指摘した。2.           アンケートの結果による、27人の生徒から79,26%はTruth or Dareゲームがテ形の動詞を習得するのをより楽しくすることができて、79.26%は、Truth or Dareゲームがテ形の動詞を習得するのがより簡単になり、79.26%Truth or Dareゲームのカードのデザインに興味を持ち、面白く応じた。


 キーワード: Truth or Dare ゲーム、動詞、テ形の動詞


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.