TRANSITIVITY FOR REVEALING IDEOLOGY OF ENGLISH UNIVERSITY TAGLINE IN INDONESIA

LELA ROSITA APRILIANI

Abstract


ABSTRAK


 


Penelitian ini fokus terhadap analisis transitivitas untuk mengungkapkan ideologi pada slogan universitas berbahasa inggris di indonesia. Penelitian ini menggunakan teori ideologi oleh Van Djik (1998) untuk mengungkapkan ideologi sebagai identitas pada slogan universitas berbahasa inggris di indonesia melalui teori transitivitas oleh Halliday (1994) berdasarkan pertanyaan penelitian; bagaimana ideologi yang direfleksikan oleh analisis transitivitas pada slogan universitas berbahasa inggris di Indonesia? Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk pengumpulan data dan pendekatan diskriptif kualitatif karena data dari penelitian ini yaitu kata, frasa, dan kalimat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ada satu tipe proses transitivitas yang digunakan oleh slogan universitas berbahas inggris di indonesia dalam mengungkapkan ideologi pada slogan universitas berbahasa inggris di indonesia. Tipe proses transitivitas tersebut yaitu proses relasional. Proses yang lain seperti proses material, proses mental, proses verbal, proses behavioral, dan proses wujud tidak dianalisis karena proses-proses tersebut tidak ditemukan. Proses relasional pada slogan universitas berbahasa inggris ini digunakan sebagai cara universitas di indonesia untuk mengklasifikasikan, mendiskripsikan dan mendefinisikan ide mereka. Proses tersebut juga digunakan untuk mendefinisikan ide mereka terhadap ideologi sebagai identitas. Melalui proses tersebut, tiap slogan unniversitas berbahasa inggris di indonesia ingin menunjukkan identitas mereka yang mana dikaitkan dengan visi dan tujuan universitas.


Kata Kunci: transitivitas, ideologi sebagai identitas, slogan universitas, Indonesia


 


 


ABSTRACT


 


This research focuses on the analysis of transitivity for revealing ideology of English university tagline in Indonesia. This research uses the theory of ideology by Van Djik (1998) to reveal the ideology as identity in English university tagline in Indonesia through transitivity by Halliday (1994) based on the research question; how are the ideologies reflected on transitivity analysis found in English university tagline in Indonesia? This research used documentary study for collecting the data and descriptive approach because the data were words, phrases, and sentences. The results of this research show that there is only one type of transitivity process used by English university tagline in Indonesia for revealing ideology of English university tagline in Indonesia. It is relational process. Other processes like material process, mental process, verbal process, behavioral process, and existential process are not analyzed because those processes are not found. Relational process in this English university tagline is used as the way for the universities in Indonesia to classify, describe, and define their idea. It is also used to define their idea toward ideology as identity. Through relational process, each English university tagline in Indonesia wants to show their identity which is related to the vision and the goal of the university.  


Keywords: transitivity, ideology as identity, English university tagline, Indonesia


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.