BODY CARE ADVERTISEMENT IN PERSONAL CARE MAGAZINE: SEMIOTIC INTERPRETATION

GRACIA F

Abstract


Media massa merupakan sarana komunikasi utama melalui cetak maupun digital. Di media cetak ada koran, majalah, spanduk, poster, dll Penulis memilih iklan majalah di Personal Care sebagai data. Iklan di majalah Personal Care memiliki informasi dan sangat menarik pembaca melalui judul teks dan gambar, Semiotika diterapkan dalam judul teks dan gambar dalam menganalisis iklan perawatan tubuh. Judul teks adalah teks utama dari iklan sebagai pertanyaan fokus penelitian yang berhubungan dengan gambar. Penulis menganalisis judul teks dan gambar dalam iklan berdasarkan semiotika. Pertanyaan penelitian pertama adalah apa arti dari teks judul iklan perawatan tubuh di majalah Personal Care secara semiotik. Pertanyaan ini berfokus pada arti headline atau judul teks dalam iklan berdasarkan semiotika. Pertanyaan kedua adalah apa arti dari makna gambar iklan perawatan tubuh di majalah Personal Care. Pertanyaan ini menganalisis makna gambar berdasarkan semiotika dan apa yang showen dari gambar yang menarik pembaca. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penelitian tentang analisis semiotika dalam iklan perawatan tubuh untuk menemukan konsep makna. Studi ini menjelaskan secara semiotik tentang judul teks dan makna gambar yang dapat membawa pembaca untuk lebih mudah memahami arti dari judul teks dan gambara yang saling keterkaitan, kemudian deskriptif kualitatif sesuai dalam penelitian ini dan menyampaikan kepada pembaca hubungan antara judul dan gambar. Data yang dikumpulkan dari majalah Personal Care di Mei 2011, September 2012 dan November 2013 dan mengambil dua belas iklan. Teks utama dan gambar dalam iklan adalah objek utama penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa setiap perusahaan memiliki tujuan yang berbeda dengan spesifikasi dan variasi untuk menarik pembaca dengan menarik judul iklan dan gambar. Berdasarkan semiotika judul teks memiliki tanda yang menetapkan makna denotasi dan makna konotatif. Penemuaan menunjukkan bahwa judul iklan perawatan tubuh teks memiliki makna denotatif. Denotatif sering muncul dalam judul iklan dengan representasi kata-kata untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Gambar memiliki simbol, ikon dan indeks representasi judul. Tanda-tanda yang muncul dalam judul dan gambar memiliki hubungan yang saling mendukung dan terdapat pesan bahwa iklan dibuat untuk menarik dan membujuk pembaca. Kemudian, pembaca dapat menghubungkan makna judul teks dalam iklan dan gambar dengan tujuan promosi melalui iklan perawatan tubuh. Kata kunci: semiotik, iklan, text kepala iklan, gambar, simbol, representasi Abstract Mass media is central communication media through printed and digital. In printed media there are newspaper, magazine, banner, poster, etc. The writer chose Personal Care magazine advertisement as the data. The advertisement in the Personal Care magazine has information and perusable through headline and image, Semiotics is applied in the text headline and image of body care advertisement analysis. The text headline is the main text of the advertisement as the focus research question which has related with image. The writer analyzed the text headline and image in the advertisement based on the semiotics. The first research question is what is the meaning of the text headline body care advertisement in Personal Care magazine semiotically. This question focuses on the headline meaning in the advertisement based on the semiotics. the second question is what is the meaning of the image meaning of the body care advertisement in Personal Care magazine. This question analyzes the image meaning based on the semiotics and what is showen from the image that attracts the readers. The writer uses descriptive qualitative approach in the study about semiotics analysis in body care advertisement to find meaning concept. The study describes semiotically the text headline and image meaning which can bring the readers easily to understand then descriptive qualitative is appropriate in this study and convey to the relationship between headline and image. The data collected from Personal Care magazine in May 2011, September 2012 and November 2013 and took twelve advertisements randomly. Text headline and image in the advertisement is the main object of this study, the result shown that each company has different goal with specification and variation to attract the readers with interesting headline and image. Based on the semiotics the text headline has sign that establish denotation and connotative meaning. The finding shows that the text headline body care advertisement have denotative meaning. Denotative are often appears in headline to representation the purpose trough words. The image has symbol, icon and index to representation the headline. Signs that appear in headline and image have relation each other supported the message that advertiser made to attract and persuade the readers. Then, the reader can relate the text headline and image meaning promotion goal through the body care advertisement. Keywords: semiotics, advertisement, headline, image, symbol, representation.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.