DIE ANWENDUNG DER GROUP INVESTIGATION IM LESEVERSTEHEN VON SPRACHKLASSE XI SMA NEGERI 1 KRIAN

FEFRI FITRIA RIMADHANI

Abstract


Membaca merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia terutama bagi seorang pelajar. Membaca pemahaman adalah proses membaca untuk mencari ide pokok dan gagasan dalam suatu teks bacaan. Membaca pemahaman dalam bahasa jerman cukup sulit dilakukan oleh siswa. Hal ini dilalami siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Krian. Meskipun siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Krian mempunyai kemampuan bahasa jerman yang cukup baik. Namun siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Krian kurang dapat memahami maksud dan ide pokok dalam suatu bacaan.


Membaca pemahaman pada siswa akan lebih mudah dilakukan ketika ada sebuah metode yang cocok dan dapat menunjang pembelajaran siswa. Salah satunya dengan membuat siswa terlibat aktif  dalam proses belajar misalnya dengan belajar berkelompok yaitu dengan menggunakan metode Grup Investigation. Metode juga ini sangat sesuai bila diterapkan pada siswa dengan kemampuan yang cukup baik dalam pembelajaran bahasa jerman karena metode ini membuat siswa aktif dalam belajar dengan guru bantuan sebagai fasilitator.


 Sesuai dengan hal tersebut, pada penelitian ini sudah diteliti bagaimana proses pembelajaran metode Group Investigation diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Krian. Data utama penelitian ini diambil dari hasil observasi, angket dan hasil belajar siswa sebagai data pendukung. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Dari hasil observasi, siswa mengikuti proses pembelajaran dengan metode Group Investigasi dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil dari observasi yang cukup baik. Kemudian dari hasil angket banyak siswa menuturkan, bahwa dengan menggunakan metode ini siswa dapat lebih memahami bacaan dan juga lebih aktif dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa metode Group Investigation dapat diterapkan pada keterampilan membaca pemahaman pada kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Krian.


Kata kunci : Membaca Pemahaman, Metode Group Investigation


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.