PENERAPAN MEDIA GAMBAR  DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA KELAS XI SMA NEGERI 3 LAMONGAN

YUNITA YANTI PEWALI

Abstract


Kata Kunci : Media  Gambar, Pembelajaran Kosakata


                Dalam proses pembelajaran Bahasa Jerman, siswa sering merasa takut untuk melakukan kesalahan. Hal ini membuat siswa masih kesulitan dalam pembelajaran kosakata dan mengemukakan pendapat dalam Bahasa Jerman, sehingga rendahnya perbendaharaan  kosakata Bahasa jerman siswa. Oleh karena itu, pengajaran Bahasa asing khususnya Bahasa Jerman akan lebih bermakna bila menggunakan suatu strategi pembelajaran yang efektif. Salah satu strategi pembelajaran untuk pembelajaran kosakata bahasa Jerman adalah Media Gambar. Penerapan Media Gambar dapat melibatkan seluruh siswa untuk berpartisipasi. Setiap siswa memiliki kesempatan untuk menambah kosakata dalam bahasa jerman dengan  bekerja sama dalam grup.


Rumusan masalah penelitian ini adalah, ”Bagaimana proses penerapan  media Gambar dalam pembelajaran kosakata siswa kelas XI SMAN 3 Lamongan?”. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media Gambar dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Jerman kelas XI SMAN 3 Lamongan.


                Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan (observasi), dokumentasi dan tes untuk menunjang penerapan Media Gambar. Penelitian dilakukan sejak tanggal 09-18 Mei 2016 sebanyak empat kali tatap muka dan diikuti oleh 30 siswa.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif diterapkan dalam pembelajaran kosakata bahasaJerman. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan penerapan media gambar yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil tes pembelajaran kosakata Bahasa Jerman. Selain itu besarnya perhatian dari siswa SMAN 3 Lamongan dengan penerapan media Gambar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.