PENERAPAN MEDIA FOTO BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X MIPA 4 SMAN 1 GEDANGAN

YOLINDA SERNA HIBUR

Abstract


Kata kunci                            : Media Foto Berwarna, Kosakata


Bahasa merupakan  alat  mengungkapkan makna yang diwujudkan melalui tata bahasa dan kosakata . Kosakata   merupakan   hal   dasar   dan   penunjang   untuk   dapat   terampil berbahasa  Jerman,seperti terampil  dalam  menyimak,  membaca,  menulis, dan berbicara. Namun  kenyataannya  dalam proses pembelajaran, penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik  masih sangat rendah. Oleh karena itu diperlukan cara yang efektif  untuk memperkaya kosakata peserta didik. Salah satunya adalah dengan menerapkan media foto berwarna. Foto adalah gambar diam yang dihasilkan oleh  kamera yang  merekam suatu objek atau  kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu. Media foto mempunyai fungsi dapat membangkitkan motivasi dan minat siswa serta mengembangkan kemampuan  berbahasa siswa khususnya dalam penguasaan kosakata


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media foto berwarna dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa jerman siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Gedangan.” Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan media foto berwarna dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa jerman siswa kelas X MIPA 4 SMAN 1 Gedangan.


Jenis penelitian ini berupa deskriptif  kualitatif . Penelitian dilaksanakan selama 5 kali tatap muka. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa ketika menggunakan media foto berwarna. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah  penerapan media foto berwarna dalam  pembelajaran  kosakata  bahasa  Jerman.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa media foto berwarna dapat  meningkatkan penguasaan kosakata peserta didik . Hal ini terbukti dengan meningkatnya  keaktifan peserta didik. Pada lembar observasi pertama ,hasil penilaian observasi  guru bahasa jerman menunjukkan presentase sebanyak 80 % ,lembar observasi kedua 90% dan lembar observasi ketiga sebanyak 95%.   Selain keberhasilan produk tersebut, respon siswa terhadap media foto berwarna untuk pembelajaran kosakata juga baik dan positif . 


Kesimpulannya penelitian ini adalah   pembelajaran dengan menerapkan  Media Foto dapat  meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jerman peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 1 Gedangan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.