PENERAPAN TEKNIK SKEMA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X ILMU BAHASA DAN BUDAYA SMA NEGERI 3 SIDOARJO

YOHANA M. GAMUNG

Abstract


Kata Kunci                          : Membaca Pemahaman, Teknik Skema


Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dipelajari. Namun membaca bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena pada kenyataannya banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi suatu bacaan. Faktor yang mendasar adalah kurangnya latihan dengan menggunakan bahan bacaan, pengajaran berpusat pada guru, kurang melibatkan siswa serta kurang mengaktifkan pengetahuan awal siswa dalam proses pengajaran.


Oleh karena itu dibutuhkan teknik yang dapat memudahkan siswa memahami isi bacaan. Penerapan teknik Skema dalam penelitian merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi suatu wacana, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta membangkitkan keaktifan belajar siswa di kelas.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana proses penerapan teknik Skema dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana bahasa Jerman siswa kelas X IBB ?”.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan teknik Skema dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana bahasa Jerman siswa kelas X IBB. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang hasilnya ditunjang oleh data kuantitatif dan analisis data yang dilakukan bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali pertemuan.


Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes membaca pemahaman wacana bahasa Jerman selama penerapan teknik Skema. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Sumber data dalam penelitian ini siswa Kelas X IBB yang berjumlah 16 orang. Data diperoleh dari hasil tes siswa selama penerapan teknik Skema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswakelas X IBB SMA telah tuntas dalam belajar khususnya pada tema “die Schule dengan materi pokok Schulaktivitäten in der Schule” dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,687.


Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa terdapat hasil yang lebih baik dari pembelajaran membaca pemahaman wacana bahasa jerman. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan Teknik Skema berperan penting dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa teknik Skema dapat menjadi  variasi teknik pembelajaran bahasa jerman khususnya pembelajaran membaca. 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.