PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) DALAM  KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS X MIA 2 SMAN 1 GEDANGAN

LUSIANA NDIWUL

Abstract


  Dalam bahasa Jerman terdapat empat keterampilan yaitu menulis, menyimak, membaca, dan berbicara yang harus dikuasai. Keempat keterampilan tersebut memiliki kesulitan yang berbeda-beda, misalnya keterampilan menulis. Kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya latihan menulis, minimnya penguasaan kosakata, dan ketidaktahuan makna dari kosakata tersebut. Untuk meningkatkan kemampuan menulis tersebut dapat dicapai melalui proses belajar dan latihan secara terus menerus. Proses belajar tersebut perlu didukung oleh suatu teknik agar peningkatan kemampuan siswa dalam menulis dapat tercapai. Oleh karena itu salah satu teknik pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah Teknik Pembelajaran Kolaboratif Team Accelerated Instruction (TAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan teknik pembelajaran kolaboratif tipe TAI dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas XMIA 2 di SMAN 1 Gedangan?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran kolaboratif tipe TAI dalam keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Jerman siswa kelas X SMAN 1 Gedangan”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak lima kali tatap muka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang didukung dengan meningkatnya rata-rata hasil tes siswa yaitu tes penempatan 64,16 dengan kategori baik dan tes fakta 78,07 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran kolaboratif Team Accelerated Instruction (TAI) dapat digunakan dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari hasil tes siswa.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.