Penerapan Media Kantong Kata dalam Pembelajaran Penguasaan Kosakata dalam Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas XII MAN Mojosari

INTAN AKMALIA

Abstract


Abstrak


Memelajari bahasa Mandarin mutlak diperlukan penguasaan kosakata dalam kemampuan menyusun kalimat guna menunjang kelancaran berkomunikasi. Dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada kelas XII MAN Mojosari, beberapa siswa mengalami kesulitan tersebut. Oleh karena itu, penerapan media kantong kata ini bertujuan mengatasi kendala pembelajaran kosakata dalam kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Mandarin. Penelitian ini merupakan penelitian true esperiment desaign dan termasuk penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlangsung empat kali pertemuan. Dua kali dikelas kontrol (XII MIPA 4) dengan menggunakan metode ceramah dan dua kali dikelas eksperimen (XII MIPA 2) dengan menggunakan media kantong kata.


Proses penerapan media permainan kantong kata berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari 1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang dilakukan pada pertemuan pertama dengan presentase 90.5% dan pada pertemuan kedua dengan presentase 94.8%. Presentase tersebut dalam skala likert termasuk kriteria sangat baik. 2) Pemberian soal pre-test dan post-test pada siswa, dapat diketahui hasil analisis diperoleh  = 4.82 dan  = 60, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat tabel taraf 5%. Dengan harga  = 4.82 dan  = 60, ts =0.05 = 2.00 lebih besar daripada t tabel (4.82>2.00). Harga  mengalami signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong kata mempunyai pengaruh yang signifikansi terhadap kelas eksperimen yaitu kelas XII MIPA 2 MAN Mojosari tahun ajaran 2016/2017.


3) Berdasarkan hasil angket respon siswa kelas eksperimen, adanya peningkatan dapat dilihat pada butir soal ke 6 sebesar 90% dan butir soal ke 7 sebesar 100%. Dalam skala presentase tersebut tergolong dalam kriteria sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media kantong kata mendapat respon positif dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata dalam kemampuan menyusun kalimat.


Kata Kunci : Kosakata , Kalimat, Media Kantong Kata


Abstract


Learning Mandarin is absolute required mastery of vocabulary to compose a sentence to support the smooth communication. In learning Mandarin in class XII MAN Mojosari, many students have difficulties in vocabulary mastery in the ability to compose sentences. Therefore, apply “word pocket” media have difficulties in vocabulary mastery in the ability to compose simple sentences chinese language. This research is a true experimental desaign research and includes qualitative and quantitative research. This study be held for four meetings. Twice in class control (XII MIPA 4) using lecture method and twice in class experiment (XII MIPA 2) using word pocket media.


The process of applying the word pocket game goes well. These can be seen from 1) the result observation of teacher and student activities conducted at the first meeting with a percentage of 90.5% and at the second meeting with a percentage of 94.8%. these percentages in likert scale included in very good criteria. 2) Providing a matter of pre-test and post-test on the students, it can be seen the results obtained t0 = 4.82 and db = 60, Then consulted by looking at table level of 5% with price  = 4.82 dan  = 60, ts =0.05 = 2.00 bigger than t tabel (4.82>2.00). Price t0 significant, it can be concluded that the use of word pocket media has a significant influence on the experimental class that is class XII MIPA 2 MAN Mojosari academic year 2016/2017. 3) Based on the results of questionnaire responses of experimental class students to point 6 to 90% and in point 7 by 100%. In the percentage scale is classified in very good criteria. So it can be concluded that word pocket media get positive response and can improve vocabulary mastery in the ability to compose sentences.


Keywords: Vocabulary, Sentence, Word Pocket Media.  


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.