Penerapan Permainan Roda Keberuntungan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Tahun Ajaran 2016 / 2017

SOFIATUR ROSYIDHA

Abstract


Abstrak


Berbicara merupakan salah satu keterampilan dalam bahasa Mandarin dengan mengucapkan pelafalan bahasa Mandarin dengan benar dan tepat. Berbicara bahasa Mandarin merupakan aspek yang cukup sulit dalam pembelajaran bahasa Mandarin, karena pelafalan yang diucapkan harus benar – benar tepat. Dalam proses belajar mengajar yang terlalu monoton akan membuat siswa malas dan cenderung merasa bosan dan juga kurang semangat dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Permainan Roda Keberuntungan Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin siswa kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Tahun Ajaran 2016 / 2017 untuk mengetahui keefektifitasan permainan tersebut dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Dalam penelitian ini, ada tiga rumusan masalah yaitu 1) bagaimana penerapan permainan roda keberuntungan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, 2) bagaimana keefektifan penerapan permainan roda keberuntungan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Manadarin siswa kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, 3) bagaimana respon siswa kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik terhadap penerapan permainan roda keberuntungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk one group pre-test post – test design , yaitu hanya dengan menggunakan satu kelas saja sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, terdapat tiga data yaitu lembar aktivitas guru dan siswa, data pretest dan posttest serta angket respon siswa. Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh kelas X SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, sedangkan sempel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 SMA Naahdlatul Ulama 1 Gresik. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini telah menjawab ketiga rumusan masalah sebagai berikut : 1) hasil observasi berdasarkan perhitungan skor skala Likert menunjukkan kategori sangat baik pada aktivitas guru pertemuan pertama dengan skor 82% dan 92% pada pertemuan kedua. Pada lembar aktivitas siswa menunjukkan kategori baik dengan skor 78%, dan 97% pada pertemuan kedua, dimana skor tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. 2) berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan t-signifikasi diperoleh 18,95 > t (0,05.db) = t (0,05.37) = 1,85. Nilai tersebut lebih besar daripada nilai tabel, dimana menunjukkan perbedaan yang signifikan antara Mpr dan Mpo. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan roda keberuntungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Tahun Ajaran 2016 / 2017. 3) Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diketahui bahwa 10 aspek yang terdapat dalam angket respon secara keseluruhan memperoleh presentase sekitar 74% - 100%. Jadi dapat disimpulkan, bahwa penerapan permainan roda keberuntungan mendapatkan respon positif dari siswa.


Kata Kunci: Permainan, Permainan Roda Keberuntungan, Keterampilan Berbicara


Abstract


Speaking is one skill in Mandarin Language by pronouncing it correctly. Speaking Mandarin is a quite difficult aspect of learning Mandarin. It is because the pronunciation must be absolutely correct to be pronounced. In the learning process that is too monotonous, students will become lazy and tend to feel bored. It also makes them lost their spirit for following the lesson. Therefore, this thesis will applied luck wheel games in learning Chinese speaking skills in class X student of IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Academic Year 2016/2017. In this research, there are three problems of the study which are 1) how is the application of luck wheel game in learning speaking skill for student class X of IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, 2) how is the effectiveness of the application luck wheel game in learning of speaking skill of mandarin language for student class X of IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, 3) how is the response of student class X of IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik to the application of luck wheel game. This research is included as experimental research with one group pre-test post-test design, which is using only one class as research subject. In this research, there are three data that are the activity sheets of teacher and student, Header halaman genap: Nama Jurnal. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2012, 0 - 216 pretest and posttest data and student response questionnaire. In this research, the population is the entire class X SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, while the sample in this research is class X IPS 1 SMA Naahdlatul Ulama 1 Gresik. Based on data analysis, this research has answered the three problems of the study which are: 1) the observation result based on score Likert scale calculation shows very good category on teacher activity in first meeting with score 82% and 92% at the second meeting. On student activity sheets, they show good category with score 78%, and 97% at second meeting. Those scores belong in very good category. 2) Based on result calculation by using t-signification obtained 18,95 > t (0,05.db) = t (0,05.37) = 1,85. The value is greater than the value of the table, which shows significant differences between Mpr and Mpo. Thus, it can be concluded that the application of the luck wheel game has a significant influence on learning Mandarin speaking skills for student class X of IPS 1 SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik Academic Year 2016 / 2017. 3) Based on the questionnaire responses students’ result, it notes that 10 aspects on the overall questionnaire response obtained about 74% - 100% percentage. So it can be concluded, that the application of the luck wheel game get positive response from the students.


Keywords: Game, Luck Wheel Game, Speaking Skill 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.