Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Membuat Pasangan Terhadap Kemampuan Merangkai Kata menjadi Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X SMA Al-Islam Krian Tahun Ajaran 2016/2017

IZZATUL LAILI

Abstract


Abstrak


Merangkai kata menjadi sebuah kalimat sering dianggap sebagai suatu keterampilan berbahasa yang sulit termasuk pada siswa kelas X SMA Al-Islam Krian. Maka, untuk menyiasati agar siswa dapat merangkai kata menjadi kalimat dengan mudah dan menyenangkan, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe membuat pasangan (Make A Match) untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi bahasa Mandarin dan mengatasi kendala dalam merangkai kata menjadi kalimat. Pada penelitian ini, siswa kelas X Bahasa menjadi kelas eksperimen.


Berdasarkan hasil pretest dan posttest model pembelajaran kooperatif tipe membuat pasangan terhadap kemampuan merangkai kata menjadi kalimat sederhana bahasa Mandarin yang telah di dapat, diperoleh nilai perbedaan hasil t0=5.64 dan db=38, selanjutnya tabel taraf 5%. Dengan harga t0= 5.64 dan db=38, harga ts0,05=2.02 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (2.02<5.64). Hasil kesimpulan dari data tes (pretest dan posttest) menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe membuat pasangan memiliki pengaruh yang signifikan yang positif bagi siswa dalam hal merangkai kata menjadi kalimat sederhana bahasa Mandarin.


Pada hasil angket respon siswa diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe membuat pasangan sangat berguna dalam proses merangkai kata menjadi kalimat sederhana bahasa Mandarin. Sebanyak 28% siswa setuju mengalami kesulitan dalam pembelajaran merangkai kata menjadi kalimat bahasa Mandarin, 100% siswa mengatakan bermanfaat, 79% tidak menjemukan, 100% siswa mengatakan memotivasi, 100% siswa mengatakan dapat mempermudah pembelajaran, 100% siswa mengatakan dapat mempermudah mengingat dan menghafal, 100% siswa mengatakan dapat lebih berperan aktif, 100% siswa mengatakan memudahkan menghafal struktur kalimat, 100% siswa mengatakan berguna, 100% siswa mengatakan sudah sesuai dengan materi.


Kata Kunci: Merangkai Kata, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Membuat Pasangan, kalimat bahasa Mandarin 


Abstract


                    Arranging words into a sentence often considered as a difficult language skill, including the 10th grade students of Al-Islam senior high school in Krian. So, to anticipate students arrange words into sentence easily and fun, the researcher using cooperative learning model of Make a Match type that make students learn Chinese language easily and overcome the obstacle in arranging words into sentence. In this research, the students of 10th  grade in language major become the experiment or subject.                     Based on pretest and posttest result application cooperative learning model of Make a Match type in ability to arrange words into Mandarin simple sentence that has been obtained, the value has different result t0=5.64 and db=38, hereinafter level table 5%. With price t0=5.64 and db=38, price ts0,05=2.02 show t bigger than t table (2.02<5.64). the conclusion from test data (pretest and posttest) show that application cooperative learning model of Make a Match type has significant positive effect for student in arrange words into Mandarin simple sentence.                     On the result of student response questionnaire, it known that the application cooperative learning model of Make a Match type is very useful in the process of arrange words into Mandarin simple sentence. 28% students agree experience difficulty on learning arrange words into Mandarin simple sentence, 100% students said helpful, 79% not boring, 100% students said motivating, 100% said that make it easy to learn, 100% students said that make it easy to remember and memorize, 100% students said that make it easy to memorize the sentence structure, 100% students said useful, 100% students said it appropiate with the material. Key Words: Arrange Words, Cooperative Learning Model of Make a Match Type, Mandarin Sentence.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.