Pengaruh Penggunaan Teknik Pembelajaran Kata Mengalir terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Giki 2 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017

CHUSNIAH SAADAH

Abstract


Manusia tidak akan bisa terlepas dari bahasa karena bahasa sebagai alat untuk berinteraksi dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep, atau juga perasaan (Chaer, 2004:14). Untuk dapat menerapkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, diperlukan keterampilan berbahasa yang baik. Keterampilan menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Adapun jenis keterampilan menulis yaitu menyusun kalimat. Oleh karena itu, seorang guru harus mempunyai teknik pembelajaran yang tepat untuk memudahkan siswa dalam belajar menyusun kalimat. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik diperlukan teknik pembelajaran yang digunakan dalam pengajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin. Teknik pembelajaran Kata “Mengalir” dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin.


Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan pelaksanaan atau proses pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran Kata Mengalir, 2) mendeskripsikan pengaruh penerapan teknik pembelajaran Kata Mengalir terhadap pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin 3) mendeskripsikan respon siswa setelah pembelajaran menggunakan teknik pembelajaran Kata Mengalir.


Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dan termasuk penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 18 November 2016-25 November 2016 di SMA Giki 2 Surabaya tahun ajaran 2016/2017 dan berlangsung selama empat kali pertemuan. Dua kali pada kelas kontrol (XI IPS 1) dan dua kali pada kelas eksperimen (XI IPA 1).


Berdasarkan proses pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan teknik pembelajaran Kata Mengalir dapat diketahui hasil analisis data sebagai berikut :


1)    Proses pembelajaran yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik pembelajaran Kata Mengalir berjalan dengan baik. Hal ini dilihat dari  hasil observasi guru pada pertemuan pertama kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 82,5%, sedangkan pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 95%. Kemudian pada lembar observasi siswa di pertemuan pertama diperoleh hasil sebesar 78%, pertemuan kedua mendapatkan 90%. Kedua hasil tersebut apabila direpresentasikan dalam skala likert termasuk pada kriteria Sangat Baik. 


2)   Siswa diberikan soal pretest dan posttest diperoleh perhitungan hasil to= 26,8 dan db = 78, selanjutnya dikonsultasikan dengan melihat nilai tabel taraf 5%. Dengan harga to= 26,8 adalah  db = 78, maka diketahui bahwa harga ts 0, 05 = 1,98 menunjukkan t lebih besar dari t tabel (1,98<26,8). Harga to signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan terdapat teknik pembelajaran Kata Mengalir mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemampuan menyusun kalimat bahasa Mandarin siswa kelas XI IPA 1 SMA Giki 2 Surabaya Tahun Ajarana 2016/2017.


3) Angket siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan teknik pembelajaran Kata Mengalir. Berdasarkan hasil angket penggunaan teknik pembelajaran Kata Mengalir pada kelas eksperimen bahwa sebanyak 85% penggunaan teknik pembelajaran Kata Mengalir dapat mempermudah menyusun kalimat bahasa Mandarin, sebanyak 92% penggunaan teknik pembelajaran Kata Mengalir dapat meningkatkan motivasi belajar menyusun kalimat bahasa Mandarin. Dalam skala persentase, hasil tersebut termasuk kriteria Sangat Baik. Hal ini pembelajaran menyusun kalimat bahasa Mandarin menggunakan teknik pembelajaran Kata Mengalir sangat efektif.


 


Humans can not be separated from language because of language as a means to interact or a means to communicate in the sense of a tool for conveying thoughts, ideas, concepts, or feelings (Chaer, 2004: 14). To be able to apply the function of language as a means of communication hence required good language skill. Writing skills is one of the language skills, as the type of writing skill is making sentence. Therefore, a teacher must have appropriate learning techniques to facilitate students in learning make a sentence. For the learning goes well required Kata Mengalir learning techniques used in learning to compose Mandarin sentences.


The purpose of this study was to describe 1) implementation or learning processes using Kata Mengalir techniques, 2) the influences of using Kata Mengalir techniques 3) to describe as well as the response of the students after using Kata Mengalir learning techniques.


This research was conducted in SMA Giki 2 Surabaya during 2016/2017 academic year for four meetings. Twice in the control class (the lecture) and twice in the experimental classes (with Kata Mengalir learning techniques). This is analysis data for experiment :


 


1)    The process of using Kata Mengalir techniques goes well. This is seen from the results of teacher observations made at the first and second meeting with percentage 82,5% and 95%. While on the student observation sheet at first meeting 78%, second meeting get 90%. The percentage in likert scale includes very good criteria.


2)   From the analysis obtained = 26,8 and db = 78, then consulted with seeing the value table level of significant 5%. With the value  to = 26,8 and db = 78, it is known that the price of ts 0, 05 = 1,98 shows t greater than t table (1,98 <26,8). The value of    be significant. Thus, the data analysis of student learning outcomes proved that have significant difference between making sentence of Chinese using the Kata Mengalir learning techniques in experimental class than direct lecture on the control class.


3)   Based on the results of questionnaires, the aspects of student responses used to determine student’s response againts to the use of Kata Mengalir learning techniques can 85% simplify the Kata Mengalir learning techniques of discourse Mandarin as much as 92%. In the percentage scale is classified in very good griteria. The learning of compose Mandarin sentence using Kata Mengalir learning techniques is very effective.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.