PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN MATERI KEHIDUPAN SEKOLAH SISWA KELAS X IBB SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

KHOLIFATUN NASUKHA SURYANI

Abstract


Abstrak Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang mulai dipelajari orang Indonesia. Bahkan bahasa Mandarin juga sudah menjadi salah satu mata pelajaran di beebrapa sekolah. Seperti mempelajari bahasa asing lainnya, hal pertama yang perlu dikuasai dalam mempelajari bahasa Mandarin adalah kosakata. Namun mempelajari kosakata dalam bahasa Mandarin juga bukan hal yang mudah. Seperti yang terjadi pada siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Mandarin. Selain itu media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin masih kurang. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan video stop motion sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin materi kehidupan sekolah siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto tahun ajaran 2016/2017, (2) mendeskripsikan kualitas video stop motion yang berdasarkan tiga aspek yaitu aspek kevalidan berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, aspek keefektivan berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa, serta aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto terhada video stop motion yang dikembangkan, (3) menjelaskan respon siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto terhadap video stop motion yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin. penelitian ini adalah penelitian pengemabangan atau dikenal juga dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan milik Sugiyono (2011) yang dibatasi sampai tahap revisi (2) produk karena keterbatasan waktu dan tenaga. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah video stop motion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dikembangkan video stop motion sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin materi kehidupan sekolah siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, kualitas video stop motion berdasarkan aspek kevalidan yang dinilai oleh ahli media adalah 61,53% (kuat) dan ahli materi 84% (sangat kuat). Berdasarkan aspek keefektivan, video stop motion dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Rata-rata nilai pretest adalah 44,4 sedangkan rata-rata nilai posttest 85,7. Selisih antara rata-rata nilai pretest dan rata-rata nilai posttest adalah 41,3dengan t-signifikansi sebesar 20,65. Aspek kepraktisan berdasarkan respon siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto terhadap video stop motion adalah 80,5% (kuat), (3) respon siswa kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto terhadap video stop motion sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Mandarin adalah positif. Dengan demikian video stop motion layak untuk digunakan. Kata Kunci: video stop motion, kosakata, bahasa Mandarin Abstract Chinese language is one of foreign language that begin to learned by Indonesian people. Even, Chinese language has also became one of subject in some schools. Like learning other languages, the first thing that needs to be mastered in learning Chinese language is vocabulary. But learning Chinese vocabulary is not also an easy thing. Like students of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Students still have difficulty in memorizing Mandarin vocabulary. Furthermore , the media that used in learning Mandarin is noot enough. These things that become the background of this study. This study aims to (1) develop stop motion video as Chinese language vocabulary learning media of school life topic student of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto year 2016/2017, (2) describe the quality of stop motion video based on three aspects those are validity aspect based on assessment of media expert and material expert, effectiveness aspect based on the result of pretest and posttest score students, pratically aspect based on the response of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto’s students toward the developed stop motion video, (3) explain the response of X IBB SMA Negeri 1 Mojokerto’s student toward the developed stop motion video as the Chinese language vocabulary learning media.this study is development study, also known as Research and Development (R&D). The development model used is the Sugiyono’s (2011) development model that is limited to the revision (2) step because time and energy constrainsts. The product that was developed in this study is stop motion video. Pengembangan Video Stop Motion sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Materi Kehidupan Sekolah Siswa Kelas X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2016/2017 2 The result of this study showed (1) has been developed stop motion video as Chinese language vocabulary learning media topic school life student of SMA Negeri 1 Puri Mojokerto, (2) the quality of stop motion video based on validity aspect that was judged by media expert is 61,53% (strong) and material expert is 84% (very strong). Based effectiveness aspect, stop motion video can increase the score average of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Pretest score average is 44,4 while posttest score average is 85,7. The difference between pretest score average and posttest score average is 41,3 and tsignificance is 20,65. Praticallity aspect based on students of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto’s response toward stop motion video is 80,5% (strong), (3) the response of X IBB SMA Negeri 1 Puri Mojokerto’s students towards stop motion video as the Chinese vocabulary learning media is positive. Thus, the stop motion video feasible to use as Chinese language learning media. Keywords: stop motion video, vocabulary, Chinese language


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.