PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TARI BAMBU DALAM PEMBELAJARAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2016/2017

GADIS AYU LESTARI

Abstract


Abstrak Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang memiliki kesulitan tersendiri. Siswa akan lebih mudah memahami bahasa Mandarin jika menguasai kosakata bahasa Mandarin. Untuk penguasaan kosakata bahasa mandarin perlu digunakannya metode pembelajaran seperti metode permainan yang dapat membantu siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode permainan tari bambu untuk mempermudah siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Hasil obsevasi aktivitas guru dan siswa pada pertemuan pertama dan kedua berjalan baik dengan hasil persentase pada observasi aktivitas guru pertemuan pertama dan kedua sebesar 95,83%. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan petama dan kedua dengan hasil persentase 97,50%. Klasifikasi pada sklala likert menunjukan sangat baik. Hasil analisis data pretest dan posttest pada penelitian ini diperoleh dari uji t-signifikasi dengan hasil t0=32,6 dan db=23. Kemudian melihat tabel nilai taraf 5% dengan harga t0=32,6 dan db=23, maka diketahui bahwa harga ts0,05 = 1,15 menujukkan t lebih besar dari t tabel (32,6 > 1,15). Dengan demikian penggunaan metode permainan tari bambu mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Puri Mojokerto tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis respon siswa, penggunaan metode permainan tari bambu memberikan dampak positif yaitu menguasai kosakata bahasa Mandarin dengan hasil persentase 66,67%, memotivasi siswa dalam pembelajaran dengan hasil persentase 62,50% dan memberikan semangat kepada siswa dalam pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Mandarin dengan hasil persentase 54,16%. Hal ini menjadikan metode permainan tari bambu sangat efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Kata Kunci: Kosakata Bahasa Mandarin, Metode Permainan, Tari Bambu Abstract Mandarin is one of the foreign language with its own difficulties. The students will be easier to learn mandarin if they know more about the vocabularies. That’s why they need some methods such as a game which could help them to handle it. Therefore, the researcher doing the research to figure out how the game could help the students learn mandarin easily. The result of the first and second observation between teachers and students happened well and smooth. The score of the teachers in both observation scored 95,83%. While the score of students in both reservations scored 97,50%. And it clasified very well in likert well. The result of pretest and posttest of data analysis in this research is obtained from t-signification test with result t0 = 32,6 and db = 23. Then look at table value of level 5% with price t0 = 32,6 and db = 23, hence known that price ts0,05 = 1,15 show t bigger than t table (32,6> 1,15). Thus the use of bamboo dance game method has a significant influence in learning Mandarin vocabulary mastery of the students of grade X state of senior high school 1 Puri Mojokerto academic year 2016/2017. Based on the result of student response analysis, the use of bamboo dance method gives positive impact that is mastering Mandarin vocabulary with procentage 66.67%, motivated the students in learning mandarin with procentage 62.50%, and encourage the students in handling the mandarins vocabularies with procentage 54.16%.This makes the bamboo dance method got very effective in mastering Mandarins vocabulary. Keywords: Chinese Vocabulary, Game Methods, Bamboo Dance


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.