KESALAHAN PENGGUNAAN “收到” (shōu dào) dan “受到” (shòu daò) PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA ANGKATAN 2015 TAHUN AJARAN 2016/2017

TETTY PUTRI LAZUARDI

Abstract


Abstrak
Bahasa memegang peran penting dalam kehidupan manusia, yaitu sebagai alat komunikasi. Dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua, tentu saja pembelajar sering melakukan kesalahan dalam penggunaan “受到” (shòu dào) dan “收到” (shōu dào). Penelitian ini menganalisis bentuk kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kata “受到” (shòu dào) dan “收到” (shōu dào) dalam kalimat bahasa Mandarin pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2015 Tahun Perkuliahan 2016/2017. Dalam penelitian ini, peneiti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan teknik angket. Penelitian menggunakan dua instrumen penelitian, yaitu instrumen soal tes dan instrumen angket. Adapun langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk mengolah data adalah sebagai berikut: (1) mengumpulkan data, (2) mengidentifikasi kesalahan, (3) mengklasifikasi data, (4) memperingkat kesalahan, (5) mendeskripsikan soal dan kesalahan, (5) mencari penyebab kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan dalam penggunaan “受到” (shòu dào) dan “收到” (shōu dào) adalah salah formasi. Hasil angket menyebutkan kesalahan tersebut karena kurangnya pemahaman mahasiswa dalam menggunakan “收到” (shōu dào) dan “受到” (shòu daò) yang disebabkan oleh penguasaan teori yang kurang mengenai dua kata tersebut.
Kata kunci: Kesalahan berbahasa, “受到” (shòu dào) dan “收到” (shōu dào)
Abstract
Language takes important part in human lives as tool of communication. In learning process of using Mandarin language as second language, it is often that the students/learner make mistakes in using the verb “受到” (shòu dào) and “收到” (shōu dào). In this research analyzes the mistakes and the cause of it in learning the Mandarin language, with the object of this research is the year 2015 Mandarin language departement students im 2015/2016 school year. In this research, researcher uses the qualitative descriptive approach. This research used the two research instruments test method for data collection, which is the test instrument and survey instrument. The procedure that researcher was using is these: (1) data collecting, (2) identifying the mistakes, (3) data classification, (4) grading the mistakes, (5) describing the test and mistakes, (6) searching the caue of the mistakes. This research’s result show that the form of mistake in using the verb “受到” (shòu dào) and “收到” (shōu dào) is the wrong form. The survey’s result shows that the mistake is caused by the lack of understanding of the student, especially in using “受到” (shòu dào) and “收到” (shōu dào), mainly because lack of the theory understanding of these two words.
Keyword : Mistake of using language, “受到” (shòu dào) and “收到” (shōu dào)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.