PENGARUH METODE DISKUSI BUZZ GROUP TERHADAP KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS DIALOG BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2016-2017

MUHAMMAD SYAKRAN

Abstract


Abstrak
Pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Nurul Jadid selama ini menjadi hal yang kurang menarik dan cenderung dianggap pelajaran yang sulit oleh siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam hal menulis, salah satunya menulis teks dialog secara baik dan benar, Penelitian ini untuk menjawab permasalahan yang ada. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses penerapan pembelajaran metode diskusi buzz group, (2) bagaimana pengaruh metode diskusi buzz group dalam pembelajaran keterampilan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, (3) bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode diskusi buzz group dalam pembelajaran keterampilan menyusun teks dialog bahasa Mandarin.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen. Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan true experimental design (Arikunto: 2011). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, soal pre test dan post test, dan angket respon siswa. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan mencari persentase dan t signifikansi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru mendapatkan persentase 66% dan untuk aktivitas siswa 92,5%. Pada pertemuan kedua aktivitas guru mendapatkan persentase 68% dan aktivitas siswa mendapatkan persentase 97,5%. Dari data tersebut menunjukkan peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. (2) Untuk menjawab pengaruh metode diskusi buzz group dalam pembelajaran keterampilan menyusun teks dialog bahasa Mandarin diperoleh hasil Mpre = 42,14 dan Mpost = 82,62. Kemudian t0 = 4,14 dan db = 42, selanjutnya dibandingkankan dengan nilai tabel taraf 5%, diketahui bahwa tsignifikan lebih besar dari tskor (3,36<4,14). Dengan demikian, metode diskusi buzz group memberikan perbedaan yang siginifikan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode pembelajaran langsung. (3) respon siswa diperoleh hasil yaitu pada aspek ketertarikan terhadap metode diskusi buzz group diperoleh persentase 59,52% dan 82,14%, aspek proses pembelajaran 83,33%, dan aspek efektivitas penggunaan metode diskusi buzz group diperoleh persentase sebesar 83,33%, 75%, 73,81%, 86,90%, 69,05%, 75%, dan 83,33%. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode diskusi buzz group sangat efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyusun teks dialog bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa 2 SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Kata Kunci : Pengaruh, Diskusi Buzz Group, Teks Dialog
Abstract
Mandarin learning in Nurul Jadid High School has been less interesting and tends to be considered difficult lesson by students, students have difficulty in writing, one of them writing text dialogue well and correctly, This research is to answer the existing problems. The formulation of the problem and research objectives contained in this research are (1) How the process of applying learning method of discussion buzz group, (2) How influence of buzz group discussion method in learning skill to compose text of Mandarin dialogue in student of class XI SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo, (3) How students respond to the implementation of buzz group discussion method.
This study was included in experimental research. This type of research approach uses true experimental design (Arikunto: 2011). Data collection techniques used are to use observation, the problem of pre test and post test, and questionnaire response students. The research data that has been obtained is analyzed by finding percentage and t significance.
The results of this study are (1) The first meeting of teacher activity get percentage of 66% and for student activity 92,5%. At the second meeting the teacher activity gets the percentage of 68% and the student activity get the percentage of 97,5%. From these data shows an increase from the first meeting to the second meeting. (2) To answer the influence of buzz group discussion method in learning skill to arrange text of Mandarin dialogue obtained result Mpre = 42,14 and Mpost = 82,62. Then t0 = 4.14 and db
Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group terhadap Keterampilan Menyusun Teks Dialog Bahasa Mandarin pada Siswa
Kelas XI Bahasa SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2016-2017
2
= 42, then compared with the table value of 5% level, it is known that tsignifikan greater than tskor (3.36 <4.14). Thus, the buzz group discussion method provides significant differences with control classes using only direct learning methods. (3) Then to answer the formulation of the problem of the three responses of students obtained the results of the aspects of interest in the discussion method buzz group obtained percentage 59.52% and 82.14%, aspects of learning process 83.33%, and aspects of the effectiveness of the use of discussion methods buzz group obtained a percentage of 83.33%, 75%, 73.81%, 86.90%, 69.05%, 75%, and 83.33%. Then it can be concluded the use of buzz group discussion method is very effective use in learning skill to arrange text of Mandarin dialogue in student of class XI Language 2 SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Keywords: Influence, Buzz Group Discussion, Text Dialogue.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.