PENGARUH MEDIA MYSTERY BAG TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENYUSUNAN KALIMAT BAHASA MANDARIN SISWA KELAS XI SMAN 1 CERME GRESIK TP 2017/2018

ANITA SETIA NURANI

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatari oleh fakta bahwa siswa selama ini : 1) jarang diajak berinteraksi dengan bahasa Mandarin, karena cenderung menggunakan bahasa Indonesia. 2) Proses pembelajaran bahasa Mandarin masih menggunakan metode ceramah, media buku dan LCD Proyektor dalam mengajar bahasa Mandarin di kelas. 3) Media yang sering diterapkan oleh pendidik kurang inovatif. Sehingga penelitian ini sangat penting. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran menggunakan media “Mystery Bag” dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di Kelas XI Bahasa SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018, bagaimana keefektifan penggunaan media “Mystery Bag” terhadap Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018, bagaimana respon Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018 terhadap penggunaan media “Mystery Bag”
Penelitian ini termasuk pre-experimental dengan bentuk one group pre-test post-test design, Dalam hal ini data penelitian meliputi : 1) Hasil observasi aktivitas guru dan siswa, 2) hasil pre-test dan post-test, 3) hasil respon siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Cerme Gresik.
Berdasarkan hasil analisis terhadap ketiga jenis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : : 1) Hasil observasi aktivitas guru menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama 75% dan pertemuan kedua 84,21% yang artinya terjadi peningkatan. Lembar observasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama 82,5% dan pertemuan kedua 92,5% yang artinya terjadi peningkatan. 2) t-signifikasi diperoleh 19,34 > t (0,05 db) = t (0,05x19) = 0,95. 3) Hasil analisis respon siswa yang terdapat dalam angket respon memperoleh persentase berkisar antara 80%-100%. Dapat disimpulkan bahwa media Mystery Bag mendapatkan respon positif dari siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Permainan Mystery Bag,Penguasaan kosakata dan Penyusunan Kalimat
Abstract
This research is based on the fact that students have been: 1) Student is rarely invited to interact with Mandarin, as it tends to use the Indonesian language. 2) Mandarin learning process still uses lecture method, book media and LCD Projector in teaching Mandarin in class. 3) Media that is often applied by educators less innovative. So this research is very important. The focus of this study is how the learning process using the media "Mystery Bag" in learning Mandarin vocabulary in Class XI Language SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018, how the effectiveness of the use of media "Mystery Bag" against Students Class XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017 / 2018, how the response of Student Class XI SMAN 1 Cerme Gresik TP 2017/2018 against the use of media "Mystery Bag"
This research includes pre-experimental with one group pre-test post-test design. In this case the research data includes:
1) Observation results of teacher and student activities, 2) result of pre-test and post-test, 3) result of student response. The samples used are students of class XI Language SMAN 1 Cerme Gresik.
Based on the analysis of the three types of data, the results obtained as follows: 1) The results of teacher activity observation shows that at the first meeting 75% and the second meeting 84.21% which means an increase. Student activity observation sheet at the first meeting 82.5% and second meeting 92.5% which means an increase. 2) t-significance was obtained 19,34> t (0,05 db) = t (0,05x19) = 0,95. 3) The result of student response analysis contained in questionnaire response obtained percentage ranged between 80% -100%. It can be concluded that Mystery Bag media get positive response from students.
Keywords: Learning Media, Mystery Bag Game, Vocabulary Composition and Sentence Arrangement


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.