PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SERENTAK SATU SUARA (3S) UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN BAGI KELAS X BAHASA SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

NILLY AFKARINA

Abstract


Abstrak
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang telah diajarkan di beberapa sekolah di Indonesia. Bahasa Mandarin wajib dipelajari untuk kelas bahasa karena menjadi salah satu mata pelajaran yang akan diUNASkan, termasuk di SMA Muammadiyah 2 Surabaya. Namun, telah ditemukan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran bahasa Mandarin. Permasalahan ini menjadi latar belakang dilakukannya penelitian pada siswa kelas X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dimana siswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata serta siswa yang cepat bosan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk pendidikan berupa media permainan pembelajaran bernama Serentak Satu Suara (3S) dan mengetahui kualitas (kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan) media permainan Serentak Satu Suara (3S) tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Sugiono (2011) yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Namun dalam penelitian ini, tahap produksi masal tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Adapun media permainan Serentak Satu Suara (3S) terdiri dari kartu Hànzì, buku pendamping permainan, dan buku panduan permainan untuk materi identitas diri. Adapun untuk mengetahui kualitas media permainan Serentak Satu Suara (3S) ini, peneliti mengumpulkan data penelitian berupa lembar angket dan lembar pretest posttest. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan mencari persentase dan tsignifikasi.
Kualitas media permainan Serentak Satu Suara (3S) yang telah dikembangkan menurut validator dan hasil tes yang telah dilakukan ialah bagus atau layak. Aspek kevalidan media permainan Serentak Satu Suara (3S) berdasarkan penilaian validator materi yaitu 76,66% (Bagus) dan berdasarkan penilaian validator media yaitu 73,3% (Bagus). Aspek keefektian media permainan Serentak Satu Suara (3S) dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest. Rata-rata nilai pretest dan posttest mengalami peningkatan dari 46.5 menjadi 81.5. sedangkan penghitungan tsignifikasi pada penelitian ini memperoleh angka sebesar 5,88, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tscore < ttabel = 0,4 < 5,88. Dengan demikian media permainan Serentak Satu Suara (3S) terbukti efektif digunakan sebagai penunjang pembelajaran kosakata bahasa Mandarin bagi. Aspek kepraktisan media permainan Serentak Satu Suara (3S) dapat diketahui dari penghitungan persentase angket respon siswa yaitu sebesar 74,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan Serentak Satu Suara (3S) praktis digunakan sebagai media penunjang pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.
Kata Kunci: pengembangan, media permainan, Serentak Satu Suara (3S)
Abstract
Mandarin is one of the languages that has been taught in several schools in Indonesia. Mandarin must be studied for language classes since it is one of the subjects of national examination in senior high school, including at SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. However, it is found that many students experience difficulties in learning Mandarin. Therefore, this issue becomes the background of the research conducted on the tenth graders of language program of SMA Muhammadiyah 2 Surabaya in which the students face difficulties in vocabulary mastery and students get bored in learning process. This study aims to develop educational products in the form of game learning media called Serentak Satu Suara (3S) and to examine the quality (validity, effectiveness, and practicality) of Serentak Satu Suara (3S) simultaneous game.
The research design of this study is Research and Development (R & D) proposed by Sugiono (2011) that consists of 10 steps, namely potential and problem, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, product application usage, product revision, and massive production. But in this research, massive production steps is not did because the limit of time, energy, and expense. The product being developed consists of Hànzì card, game companion book, and game guide book for personal information discussion.
Pengembangan Media Permainan Serentak Satu Suara (3S) untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin bagi Kelas
X Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Surabaya
2
Therefor, to know about quality of Serentak Satu Suara (3S), it is gathered quetionaire sheets and pretest posttest sheets as research data. The research data that has been obtained is analyzed by finding the percentage and tsignification.
The quality of Serentak Satu Suara (3S) game media that has been developed according to the validator and the test results is good or feasible. The aspect of the validity of Serentak Satu Suara (3S) based on the material validator rating is 76.66% (Good) and 73,3% (Good) based on the assessment of media validator. The aspect of the effectiveness of Serentak Satu Suara (3S) can be determined from the average value of pretest and posttest. The average pretest and posttest score increased from 46.5 to 81.5. while the calculation of tsignification in this study obtained a number of 5.88. This can be concluded that tscore < ttabel = 0.4 <5.88. Thus Serentak Satu Suara (3S) is proved effective to be used as supports in learning mandarin vocabulary. The aspects of the practicality of the game media Serentak Satu Suara (3S) is exposed through the calculation of the percentage of students questionnaire response which is equal to 74.5%. Based on these results, it can be concluded that the media game Serentak Satu Suara (3S) is practical to be used as a supporting media of learning Mandarin vocabulary.
Keywords : development, game media, Serentak Satu Suara (3S)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.