PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

BUDI SANTOSO

Abstract


Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang tepat diperlukan agar siswa semangat dalam pembelajaran matematika dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Quick on the draw adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecepatan setiap kelompok dalam pengerjaan kartu soal, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, interaksi siswa dalam kelompok, dan respons siswa pada pembelajaran matematika dengan strategi quick on the draw. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil analisis data menunjukkan: (1) kecepatan setiap kelompok dalam pengerjaan kartu soal berubah-ubah dari kartu soal 1 ke kartu-kartu soal berikutnya; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 66,3; (3) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelompok aktivitas aktif adalah 75,85%, selanjutnya aktivitas siswa yang dominan adalah menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru; (4) interaksi siswa dalam kelompok yang dominan dilakukan adalah meminta bantuan dan menyampaikan ide/pendapat; dan (5) respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi quick on the draw adalah positif.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.