IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT

AULIA NUR SAFITRI

Abstract


Kurikulum 2013 saat ini lebih menekankan pada peserta didik untuk menjadi pribadi yang aktif dan kreatif. Berpikir kreatif merupakan hal yang penting bagi siswa, sehingga guru diharapkan dapat merancang metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas siswa.  Akan tetapi guru terlebih dahulu harus mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa. kreativitas yang dimiliki setiap orang dapat diukur dan dikembangkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa yaitu dengan menggunakan soal open ended yang meminta siswa untuk menemukan banyak jawaban atau banyak penyelesaian. Salah satu materi yang dapat dibentuk ke dalam soal open ended adalah materi segiempat. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open ended.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan adalah metode tes soal open ended dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII-F Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 35 siswa. Tes soal open ended yang dihasilkan siswa dianalisis berdasarkan komponen berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan. Peneliti mengelompokkan masing-masing siswa berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) yang dimiliki. Setelah diperoleh data TKBK siswa, peneliti melakukan wawancara terhadap 10 siswa yang memiliki cara penyelesaian yang berbeda dari siswa lain yang berada pada kelompok. Wawancara bertujuan untuk menginformasikan hasil dari penyelesaian tes soal open ended siswa.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 siswa, 8 siswa (22,86%) berada pada TKBK 0 (tidak kreatif), 5 siswa (14,29%) berada pada TKBK 1 (kurang kreatif), 13 siswa (37,14%) berada pada TKBK 2 (cukup kreatif), 4 siswa (11,24%) berada pada TKBK 3 (kreatif), dan 5 siswa (14,29%) berada pada TKBK 4 (sangat kreatif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Surabaya tergolong cukup kreatif.


Kata kunci: tingkat kemampuan berpikir kreatif, soal open ended, segiempat.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.