EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INDUKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN DUA LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SURABAYA

FIRMAN ADITAMA

Abstract


Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kurikulum 2013 diharapkan menjadi solusi dari hasil-hasil tes berskala internasional yang belum memuaskan, terutama pada mata pelajaran matematika. Untuk itu, pembelajaran matematika di kelas direkomendasikan menggunaan pendekatan ilmiah. Salah satu pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan pendekatan ilmiah adalah pembelajaran induktif. Selanjutnya, untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menarik dan bermakna, saat ini telah banyak media yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi, salah satunya adalah GeoGebra. Meskipun software ini sudah dikenal para guru, namun masih jarang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran induktif dalam penelitian ini akan didukung oleh GeoGebra yang berperan membantu menyampaikan materi garis singgung persekutuan dua lingkaran.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran induktif berbantuan GeoGebra yang ditinjau dari 4 aspek yaitu aktivitas siswa, hasil belajar siswa, respons siswa, dan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Surabaya tahun ajaran 2013/2014 dan guru yang mengajarkan materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu garis singgung persekutuan dua lingkaran. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menerapkan metode tes, metode angket, dan metode observasi yang direpresentasikan dalam Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Tes Hasil Belajar Siswa, Lembar Penilaian Afektif Siswa, Lembar Angket Respons Siswa, dan Lembar Observasi Pengelolaan Pembelajaran.


Hasil analisis data menunjukkan: (1) siswa tergolong aktif selama pembelajaran dengan persentase rata-rata aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan menyimpulkan sebanyak 62,89%; (2) 19 dari 36 siswa (lebih dari 50%) di kelas telah mencapai ketuntasan hasil belajarnya; (3) respons siswa terhadap pembelajaran induktif berbantuan GeoGebra positif; dan (4) pengelolaan pembelajaran oleh guru berkategori baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran induktif berbantuan GeoGebra pada materi garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMPN 1 Surabaya efektif.


Kata kunci: efektivitas, pembelajaran induktif, GeoGebra, garis singgung persekutuan dua lingkaran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.