PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SOLUSI ALTERNATIF UNTUK SISWA SMP KELAS VII DALAM PEMECAHAN MASALAH TENTANG SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

ICHWANU TOYIB

Abstract


Lembar kerja solusi alternatif merupakan suatu lembar kerja yang  terdiri dari solusi awal dan solusi alternatif. Bagian dari solusi awal adalah untuk solusi pertama yang diperoleh siswa, sedangkan solusi alternatif adalah solusi lain yang  mungkin mereka temukan kemudian. Level pada masalah-masalah yang terdapat dalam lembar kerja solusi alternatif diadaptasi dari masalah-masalah yang terdapat dalam bahan ajar siswa dan prosedur instruksional yang mendukung lembar kerja solusi alternatif dikembangkan berdasarkan pada pendekatan open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Lembar Penilaian (LP) berbasis solusi alternatif yang dirancang berdasarkan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan. Uji coba pada penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII-A SMP Negeri 22 Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dengan melibatkan 38 siswa. Hasil penelitian ini berupa deskripsi proses pengembangan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Proses pengembangan perangkat pembelajaran terdiri dari : (1) Tahap pendefinisian yang meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran; (2) Tahap perancangan yang meliputi penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format perangkat pembelajaran, dan perancangan draft 1 serta instrumen penelitian; (3) Tahap pengembangan  yang terdiri atas validasi oleh para ahli/validator dan uji coba serta penilaian keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran antara lain: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 4,12), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 4,27), dan Lembar Penilaian memenuhi kriteria sangat valid (nilai kevalidan 4,25); (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena dapat digunakan dengan revisi kecil; (3) Perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase 75,6% untuk aspek pengetahuan, 87,5% untuk aspek keterampilan, dan 81,08% untuk aspek sikap.


Kata kunci: Perangkat pembelajaran matematika, lembar kerja solusi alternatif


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.