KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP

M.SIGIT WIDODO

Abstract


Kualitas pendidikan matematika di Indonesia sampai saat ini masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah suasana belajar siswa yang belum bermakna atau kurang dikaitkan dengan masalah nyata (kontekstual) dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada kehidupan anak sehari-hari adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).


Rancangan penelitian ini menggunakan “one shot case study” dan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada sub materi keliling dan luas lingkaran di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Maduran-Lamongan. Kriteria keefektifan pembelajaran dalam penelitian ini adalah: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil tes belajar siswa.


Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi lingkaran di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Maduran-Lamongan adalah efektif, yang memenuhi aspek: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dapat dikategorikan baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,36; (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif; (3) hasil belajar siswa secara klasikal tuntas, yaitu dengan persentase 81,5 %.


Kata kunci: keefektifan pembelajaran matmatika, pendekatan PMRI, lingkaran 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.