NUMBER SENSE SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

NUR FARIDA MALA SARI

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menunjukkan bahwa penguasaan siswa SD terhadap bilangan dan perhitungan yang masih rendah. Sedangkan bilangan dan perhitungan merupakan komponen dasar dari matematika. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kepekaan terhadap bilangan dan perhitungan. Kepekaan terhadap bilangan dan perhitungan dikenal dengan istilah number sense. Sebelum itu, guru hendaknya mengetahui sejauh mana number sense siswa SD dalam menyelesaikan soal matematika dengan memperhatikan kemampuan matematika. Number sense adalah pemahaman yang berkaitan dengan bilangan dan operasi serta kemampuan menggunakan pemahaman tersebut secara fleksibel untuk membuat strategi perhitungan yang efisien.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan number sense siswa SD dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 1-2 Taman. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas V-A,B yang meliputi satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes pengetahuan tentang bilangan dan operasi, soal tes penyelesaian soal matematika, dan pedoman wawancara.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek kurang memiliki pemahaman yang berkaitan dengan bilangan dan operasi. Selain itu semua subjek dalam menyelesaikan soal matematika tidak memahami hubungan antara konteks persoalan dan perhitungan yang diperlukan, tidak memiliki kesadaran adanya beberapa strategi, tidak berkecenderungan untuk menggunakan representasi dan/atau metode yang efisien, serta tidak berkecenderungan meninjau data dan hasil untuk sensibilitas. 


Kata Kunci: Number sense, Kemampuan matematika. 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.